oleh

Ramadhan 1437 H, IZI Banten Targetkan Jaring Rp1,5 M Zakat

Pemberian santunan di acara Launching LAZNAS IZI Banten.(asri)

Kabar6-Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) lahir sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional (LAZNAS) resmi beroperasi untuk mengelola dana zakat masyarakat Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 423 tahun 2015.

IZI Banten yang hari ini, Selasa (31/5/2016), baru saja diresmikan di kawasan Bintaro Tangerang Selatan (Tangsel), merupakan bagian dari jaringan kantor perwakilan LAZNAS IZI yang sudah dibuka secara nasional di 14 Provinsi di Indonesia.

Kepala Perwakilan IZI Banten, Irfan Zidni mengatakan, bila IZI perwakilan Banten menargetkan perhimpunan zakat tahun ini sebesar Rp3 miliar, dan penghimpunan Ramadhan di angka Rp1,5 miliar.

Sedangkan program yang akan digulirkan di antaranya adalah berbagi ifthor, paket lebaran, sedekah Al Quran dan paket belanja bersama anak yatim.

“Sesuai dengan tagline IZI, memudahkan dan dimudahkan, maka IZI menghadirkan layanan yang semakin memudahkan bagi para donatur untuk menunaikan zakat,” ujarnya.

Kemudahan itu antara lain, layanan transfer zakat via ATM bersama dan internet banking, pembayaran via ATM Mandiri, setoran tunai via gerai zakat perkantoran dan mall, maupun di kantor perwakilan itu sendiri.

“Selain itu, di era e-commers seperti sekarang ini, IZI juga membuka proses pembayaran via Payment Online yang bisa diakses secara online di PC maupun smartphone. Bahkan, IZI juga meluncurkan aplikasi mobile berbasis android bernama Inisiatif Zakat yang sudah bisa diunduh di playstore,” ujar Irfan menambahkan.

Tahun ini, kataya, selain masih terus menggelar program charity, IZI juga membuat program rumah Singgah Pasien (RSP), yang didirikan di sekitar rumah sakit rujukan nasional di Jakarta.
RSP ini ditujukan bagi pasien-pasien dhuafa yang butuh tempat tinggal sementara, selama masa berobat dengan fasilitas full dan diberikan secara cuma-cuma. **Baca juga: Tangsel Juara Umum Lomba Inovasi Proyek Perubahan di Banten.

“Dalam hal penyaluran dana zakat yang terkumpul, IZI senantiasa mendorong pada terwujudnya kemandirian bagi kaum dhuafa, yang dibantu melalui program-program pemberdayaan zakat seperti, bantuan program ekonomi dan pelatihan keterampilan kerja,” ujarnya. **Baca juga: Bupati Zaki Lantik Pengurus PMI Kecamatan.

Sedangkan program pelatihan dan keterampilan kerja yang saat ini juga telah dilakukan IZI Banten bekerjasama dengan DKM Masjid Raya Bintaro, yakni pelatihan perbaikan AC dan pemberian gerobak mapan bagi dhuafa.(asri)

**Baca juga: Wow, Dewan Sebut Ada 200 Minimarket Bodong Beroperasi di Tangsel.

Berita Terbaru