oleh

Pusat Bantu Pemkot Tangsel Normalisasi Situ Sasak

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan terus melaksanakan sejumlah program bantuan Pemerintah Pusat dalam upaya mengembalikan fungsi lahan konservasi yang merupakan daerah resapan dan aliran air di tujuh kecamatan se Tangsel.

‚ÄúDengan program bantuan dari Pemerintah Pusat, pada tahun ini Pemkot Tangsel akan melakukan penanganan terhadap sejumlah aliran dan lokasi Situ Sasak,” ujar Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Minggu (6/7/2014).

Airin mengungkapkan, adanya pemanfaatan sejumlah lahan Situ Sasak oleh penduduk setempat kerap kali mengakibatkan kecemasan akan terjadinya bencana banjir. Seperti yang sering terjadi di Perumahan Reni, Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) di Kecamatan Pamulang.

Tidak hanya melakukan pengerukan, kata Airin, seiring normalisasi pihaknya juga akan melakukan pelebaran terhadap badan aliran Kali Kedaung.

“Dari kondisi yang ada saat ini, lebar Kali Kedaung hanya 6 meter persegi. Dan, akan diperlebar menjadi 8 meter. Sedangkan panjang aliran mencapai 780 meter,” ucap Airin.

Lewat progaram tersebut, Airin berharap bencana banjir yang kerap melanda sejumlah kawasan akan berkurang dan pengoprasian fungsi tandon air akan dapat dimaksimalkan.

“Walau belum dapat menyelesaikan permasalahan banjir, tapi paling tidak kita dapat meminimalisir terjadinya banjir,” ungkap Airin.(way)

Berita Terbaru