oleh

Pura-pura Buta Selama 13 Tahun, Pria di Italia Kepergok Menyetir Mobil

Kabar6-Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, baunya akan tercium juga. Peribahasa yang pas untuk menggambarkan perbuatan licik seorang pria di Palermo, Italia, ini.

Pria berusia 40 tahun yang tak diungkap identitasnya ini, melansir Dailymail, ditangkap setelah ketahuan berpura-pura buta selama 13 tahun demi mendapat tunjangan pemerintah. Dia dipergoki sedang menyetir mobil, pergi ke toko, dan mengendarai skuter.

Media lokal melaporkan, pria itu ditangkap atas dugaan penipuan. Dia diketahui telah menerima tunjangan total sekira Rp2,8 miliar sejak 2018 lalu, atas alasan kebutaan total faktor bawaan. ** Baca juga: Seorang Penumpang Diusir dari Pesawat Karena Gunakan Celana Dalam Wanita Sebagai Masker

Kasus penipuan ini diselidiki setelah kepolisian Italia mendapatkan data bahwa pria itu memperbarui SIM-nya pada 2018. Petugas juga mengintai pria tersebut dan melihatnya menyetir mobil sambil memainkan ponsel. Selain itu, polisi melihat pria itu berjalan di mal yang sibuk serta mengajari putrinya naik sepeda.

Rupanya, hal ini bukan kali pertama pria tersebut terjerat hukum. Dia sudah divonis hukuman penjara 15 tahun pada 2020 karena terlibat dalam kasus kecelakaan lalu lintas palsu untuk mendapatkan asuransi, dan kasus ini dalam proses banding.

Pengungkapan kasus penipuan ini membuat heboh Italia, bahkan pelaku dijuluki ‘Berlusconi’, merujuk pada mantan perdana menteri Italia yang mengalami masalah hukum. Pria tersebut menerima penghasilan dasar dari pemerintah yang dibayarkan setiap bulan kepada warga sangat miskin. Padahal rumahnya memiliki garasi mobil.

Benar-benar serakah.(ilj/bbs)