oleh

Punya Pasangan Hidup Ternyata Bantu Jaga Tekanan Darah

Kabar6-Sekelompok psikolog dari University of Arizona menggelar penelitian untuk mengetahui pengaruh kehadiran pasangan terhadap kondisi tubuh, khususnya saat menghadapi tekanan.

Dalam penelitian bertajuk ‘The Impact of Physical Proximity and Attachment Working Models on Cardiovascular Reactivity: Comparing Mental Activation and Romantic Partner Presence’, melansir Womantalk, sebanyak 102 partisipan diminta untuk merendam kakinya di dalam air dingin dengan suhu -13 sampai empat derajat Celsius. Para peneliti kemudian melakukan pengukuran tekanan darah dan detak jantung, sebelum, selama, dan sesudah partisipan merendam kaki.

Seluruh partisipan diminta untuk melakukan eksperimen ini dalam tiga kondisi, yakni sambil ditemani pasangan, sambil memikirkan pasangan tanpa ditemani, serta sambil memikirkan kesibukan sehari-hari.

Hasilnya, tekanan darah tercatat stabil tidak hanya saat para partisipan ditemani pasangannya, tetapi juga saat memikirkan pasangan. Sementara tekanan darah tercatat lebih tinggi saat para partisipan diminta untuk menjalani eksperimen sambil memikirkan kesibukan sehari-harinya.

“Berada dalam hubungan asmara dapat mendukung kesehatan seseorang, lebih tangguh dalam menghadapi stres, dan menurunkan tingkat aktivitas kardiovaskular untuk mengurangi tekanan sepanjang hari,” jelas Kyle Bourassa, pimpinan penelitian. “Penelitian ini menunjukkan, memikirkan pasangan sebagai penyemangat sama ampuhnya dengan bertemu pasangan secara langsung.”

Bourassa menunjukkan, betapa pentingnya dukungan moril dalam menghadapi tekanan sehari-hari. “Hidup itu penuh tekanan, dan salah satu cara untuk menghadapi tekanan ini ialah melalui hubungan asmara, baik dengan bertatap muka maupun memikirkan pasangan,” katanya. ** Baca juga: Diet Golongan Darah O yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Ditambahkan, “Stres di tempat kerja, ujian sekolah, atau saat sakit, dukungan dari pasangan sangat bermanfaat untuk meredakan tekanan.” (ilj/bbs)

Berita Terbaru