Punya Mekanisme Sendiri Membuat 4 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Sering Dibersihkan

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda tergolong orang yang setiap mandi harus membersihkan seluruh tubuh, dari ujung rambut hingga ujung kaki? Menjaga kebersihan tubuh memang sangat disarankan. Namun beberapa bagian tubuh yang ternyata tidak perlu terlalu sering dibersihkan.

Hal ini karena bagian tubuh tersebut sudah memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga kebersihannya. Karena itulah terlalu sering membersihkan justru berdampak buruk untuk bagian tubuh ini. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa bagian tubuh yang tidak perlu sering dibersihkan:

1. Telinga
Memakai cotton bud justru membuat kotoran telinga makin masuk dan menumpuk. Telinga kita memiliki sistem pembersihan sendiri. Karena itulah, bersihkan saja sisi luar telinga setiap habis mandi dengan handuk lembut.

2. Sel kulit mati
Eksfoliasi memang bermanfaat untuk meluruhkan sel kulit mati, namun jika terlalu sering efeknya bisa membuat kulit kering hingga iritasi. Karena itu, sebaiknya batasi eksfoliasi kulit sebanyak dua kali saja dalam seminggu.

3. Miss V
Miss V memiliki sistem pembersihan sendiri. Membasuhnya dengan sabun terlalu sering justru akan menghilangkan keseimbangan flora alami Miss V yang akan berpengaruh pada kesehatan. Jadi cukup basuh dengan air hangat setiap mandi, dan pastikan untuk menjaganya agar tidak lebih lembap

4. Rambut
Terlalu sering mencuci rambut bukan membuatnya lebih bersih, tapi malah membuat mahkota Anda kehilangan kelembapannya. Alhasil, rambut menjadi kering dan mudah rusak. Jadi, keramas dua hari sekali saja sudah cukup untuk menjaga minyak alami rambut. ** Baca juga: Sejumlah Mitos yang Sering Bikin Diet Gagal

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting agar tubuh tetap sehat, namun jangan juga terlalu berlebihan.(ilj/bbs)