oleh

Punya Hewan Peliharaan Bantu Atasi Stres

Kabar6-Setiap orang tentu pernah mengalami stres, yang disebabkan oleh berbagai hal. Stres sendiri bisa menjadi baik apabila individu sadar dan menjadikan tekanan tersebut sebagai motivasi.

Sayangnya, banyak orang tidak dapat mengontrol tekanan yang mereka alami dan justru merasa terpuruk, sehingga berefek tidak baik untuk kesehatan mental maupun fisik.

Nah tahukah Anda, selain meminta bantuan dokter atau terapis, stres dapat diatasi dengan cara yang terbilang mudah yaitu memiliki hewan peliharaan. Mengapa demikian? Melansir Teen, hewan peliharaan efektif meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengontrol kegiatan emosional, dan hormon dopamin yang mengontrol gerak tubuh. Membelai, memeluk, menyentuh hewan seperti anjing, kucing, kelinci, atau bahkan dengan melihat ikan dalam aquarium membantu menenangkan dan membuat rileks ketika sedang stres atau cemas, sehingga cenderung merasa lebih damai. ** Baca juga: Ilmuwan Australia Ungkap Kesamaan Antara Kecanduan Media Sosial dengan Pecandu Alkohol

Selain itu, hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan hormon antistres atau oksitosin hanya dengan berinteraksi langsung dengan mereka. Bermain dengan hewan peliharaan dapat membantu melupakan masalah, bahkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi individu.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru