oleh

Punya Berat Badan Ideal Bukan Jaminan Miliki Kadar Kolesterol Normal

Kabar6-Kolesterol penting untuk kehidupan karena merupakan bagian penting dari dinding sel manusia. Kolesterol juga penting untuk pembentukan hormon seperti estrogen dan testosteron.

Tubuh manusia juga membutuhkan kolesterol untuk pencernaan, pembentukan asam empedu dan vitamin D. Tubuh memproduksi kolesterol dalam jumlah yang cukup, terutama di hati dan usus, hanya sebagian kecil yang diserap dari makanan, terutama lemak hewan.

Peningkatan kolesterol dalam darah disebabkan oleh konsumsi makanan dengan tinggi lemak jenuh dan fat trans. Kadar lemak jenuh yang tinggi kebanyakan dari sumber makanan hewani, sedangkan fat trans berasal dari makanan dalam kemasan.

Apakah penyebab peningkatan kadar kolesterol? Melansir VivaHealth, ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang, sehingga pada orang yang kurus juga dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol, antara lain yaitu:

1. Makanan yang dikonsumsi
2. Konsumsi makanan dengan kadar tinggi lemak jenuh yang umumnya terdapat dalam makanan hewani dapat meningkatkan kadar kolesterol.
3. Kurang olahraga
4. Merokok
5. Faktor genetik

Bagaimana cara mencegah peningkatan kadar kolesterol? Perubahan gaya hidup merupakan kunci untuk dapat menurunkan kolesterol dan mencegah peningkatan kolesterol. Gaya hidup sehat yang dapat dilakukan seperti mengonsumsi makanan rendah garam (buah, sayuran dan gandum), membatasi jumlah konsumsi lemak hewani, berhenti merokok, berolahraga setiap hari minimal 30 menit, serta berhenti atau mengurangi konsumsi alkohol. ** Baca juga: Sering Konsumsi Ikan Asin Berikan Efek Kurang Baik Bagi Kesehatan?

Untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol, beberapa makanan dan nutrisi dapat dikonsumsi seperti serat, kedelai dan telur. Selain itu juga pilih makanan yang mengandung sterol, stanol, lemak tak jenuh, dan omega-3.(ilj/bbs)

Berita Terbaru