oleh

Puluhan UMKM di Tangsel Difasilitasi Izin Edar

Kabar6-Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipastikan turut memeriahkan stand pameran saat acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dijadwalkan berlangsung akhir bulan ini.

Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Ferry Fayacun mengatakan, secara bertahap sebanyak 420 pelaku industri kecil dan menengah difasilitasi berbagai izin untuk kelancaran usahanya.

“Ini baru 50 pengusaha dulu yang difasilitasi, nanti secara bertahap sampai 420 pengusaha yang akan Disperindag fasilitasi,” ujarnya, Selasa (21/7/2015).

Dari jumlah ratusan pengusaha baru itu, sebanyak 300 pengusaha baru diantaranya bergerak di bidang kuliner, sementara sisanya sebanyak 120 pengusaha baru di bidang industri kreatif dan konfeksi.

Sementara sebelum diberikan izin edar usahanya, para pelaku usaha ini diwawancara terlebih dulu oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel.

Kemudian, hasil produksinya dicek terlebih dulu kandungan dan juga bahan yang digunakan. “Sampel hasil produksi para pengusaha baru ini diuji lab dulu, kalau memang sesuai dan layak edar, barulah izinnya dikeluarkan,” tutur Ferry.

Dia mengaku, pemberian izin ini sengaja dilakukan untuk menyambut Harganas yang akan berlangsung akhir bulan Juli hingga awal Agustus mendatang.

Tak hanya itu, para pelaku industri kecil dan menengah ini juga menyumbang 14,54 persen kemajuan pertumbuhan ekonomi daerah. **Baca juga: Kapolda Boy: Ummat Islam Banten Jangan Terprovokasi.

“Angka itu sumbangsih di 2014, kami menargetkan di tahun depan itu mencapai 15 persen sumbangsih pada ekonomi Kota Tangsel,” ujar Ferry.(yud)

Berita Terbaru