oleh

Puluhan ODGJ di Kabupaten Tangerang Dapat Perawatan

Kabar6-Puluhan Orang Gangguan Jiwa (ODGJ) mendapatakan pelayanan kesehatan jiwa dan evakuasi dari Dinas Sosial Kabupaten Tangerang berkerjasama dengan Rumah Sakit Dr H Marzoeki Mahdi Bogor.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang Arsyad Husein menjelaskan masih banyaknya keterbatasan dalam menangani ODGJ namun sejak 2018 telah bekerjasama dengan RS Dr H Marzoeki Mahdi Bogor yang berlevel nasional dalam penanganan ODGJ.

“Beranjak dari situ alhamdulillah bersamaan HUT Kabupaten kita sudah mencari ODGJ baik yang terlantar maupun dirumah-rumah waktu itu kita mendapatkan sebanyak 31orang tapi yang datang 29 orang,” ujarnya Arsyad saat dimintai keterangan di Gedung Serba Guna Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kamis (21/2/2019).

Kendati begitu sebanyak 29 orang yang telah dikirim mendapatkan perawatan dan penanganan selama satu bulan.

“Terbukti dari 29 itu setelah pulang sehat, sehat dalam arti jiwanya,” katanya.**Baca Juga: Kebijakan Cemindo Gemilang soal Tenaga Kerja Bongkar Muat Tersus Tuai Polemik.

Arsyad mengatakan pada tahap kedua ini terjadi peningkatan setelah dilakukan pendataan dari Puskesmas. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar terbuka dalam melaporkan apabila keluarga ada yang mengalami ODGJ sehingga dapat dilakukan penanganan.

“Terbukti sekarang melonjak, hari ini ada 44 orang, dari 44 itu ada tiga orang yang terlantar di jalanan,” tandasnya.(oke)

Berita Terbaru