oleh

Program Bank Sampah Tangsel Sasar 11 Kelurahan

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang (Tangsel) mulai mengkampanyekan program bank sampah. Tak tanggung-tanggung, setidaknya 11 kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan se Tangsel, bakal menjadi sasaran awal program bank sampah.

Dijadwalkan, pembangunan bank sampah di tiap keluarahan akan dimodali dengan biaya sebesar Rp. 5 juta.

ke 11 kelurahan dimaksud adalah, Lengkong Wetan, Rawa Mekar Jaya, Bakti Jaya, Pondok Benda, Benda Baru, Cempaka Putih, Serua, Sawah, Pondok Jagung Timur, Jurang Wangu Barat, dan Pondok Betung.

“Selain diberi modal awal, masing-masing perwakilan kelurahan akan mendapatkan bimbingan teknis bank sampah,” kata Direktur Bank Sampah Kota Tangsel, Suhalimi.

Dijelaskan Suhalimi, untuk tiap bank sampah nantinya terdiri dari lima orang selaku pengeloa. satu orang bertindak sebagai ketua, sisanya untuk petugas mencatat, penimbang, marketing, dan bendahara.

“Bank sampah ini juga berbadan hukum, tinggal jalan saja. Setelah bimbingan teknis, pelayananya bisa terlaksana,” ujarnya.

Program bank sampah tersebut diharapkan bisa membangun budaya masyarakat agar pandai memilah sampah organic dan non organic serta memfungsikannya ke dalam tabungan.

Tidak hanya itu, program bank sampah yang digagas juga dipercaya bisa menjadi salah satu faktor untuk mempertahankan dan meraih kembali penghargaan Adipura di Kota Tangsel.

“Bank Sampah ini berdiri dibawah binaan langsung Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, serta ibu Walikota Airin Rachmi Diany sebagai ketua pembinanya,” ujar Suhalimi.(Turnya)

Berita Terbaru