oleh

Profesor di Jepang Ciptakan Layar TV yang Mampu Keluarkan Rasa Masakan Hanya dengan Menjilat

Kabar6-Seorang profesor di Universitas Meiji Tokyo, Jepang, bernama Homei Miyashita, berhasil menciptakan layar televisi yang mampu mengeluarkan rasa masakan.

Hal yang unik, melansir newfox24, kita hanya perlu menjilat layar itu untuk mengetahui rasa dari masakan yang ditampilkan di televisi. Profesor Miyashita, telah menemukan layar prototipe yang mampu meniru rasa makanan. Perangkat ini disebut ‘Taste the TV’ atau TTTV.

Televisi tersebut menggunakan karousel 10 tabung rasa yang disemprotkan dalam kombinasi tertentu untuk menciptakan sebuah rasa makanan.

Sampel rasa itu kemudian digulung ke film higienis di atas layar TV datar. Selanjutnya, pemirsa tinggal menjilat layar televisi tersebut. ** Baca juga: Mulai 1 Januari 2020, Warga Negara Swiss Dapat Ubah Status Gender Secara Legal

Profesor Miyashita bekerja sama dengan tim yang terdiri atas 30 siswa untuk membuat perangkat ini. Mereka telah menghasilkan berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa. Prototipe TTTV dibuat selama setahun terakhir.

Untuk versi komersialnya akan menelan biaya sekira Rp12 juta untuk diproduksi. Teknologi ini berpotensi berfungsi dalam praktik pembelajaran jarak jauh, misalnya untuk juru masak, kuis mencicipi, dan banyak lagi.

Bahkan, Profesor Miyashita juga telah terlibat dengan perusahaan tentang teknologi semprotan untuk perangkat yang dapat menerapkan rasa pizza atau cokelat pada sepotong roti panggang.

Yummy…(ilj/bbs)