oleh

Produk Kesehatan dan Kecantikan UMKM Tangsel Diekspor ke Papua Nugini

Kabar6-Beragam produk milik pelaku usaha mikro kecil menengah di (UMKM) sudah mulai masuk pasar Papua Nugini. Pasar mancanegara kini tengah dibidik menjadi obyek ekspor selanjutnya.

Produk ekspor perdana milik UMKM asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini terdiri dari parfum, sanitasi tangan, alat pelindung diri, kosmetik, dan krim rambut.

“Nilainya mencapai 100 ribu dollar Amerika Serikat atau setara kisaran Rp 1,5 miliar,” kata Ketua Koperasi Anggrek Bulan Gemilang Nelti Fariza, Selasa (19/1/2021).

Ia ceritakan awal pemasaran produk UMKM lewat online. Peminat bertambah dan pangsa pasar di negara yang berbatasan dengan bagian timur Pulau Papua itupun semakin bertambah banyak.

**Baca juga: Kadindikbud Tangsel Berikan Pembinaan Kepada 69 CPNS Guru

Total jumlah produk yang dikirim sebanyak 2.703 dus yang terdiri dari 96.000 buah barang. Seluruh produk ekspor diproduksi UMKM yang bernaung di bawah Koperasi Anggrek Bulan Gemilang.

“Ekspor perdana ini akan diikuti ekspor ke Timur Tengah,” ujar Nelti. Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 ini permintaan pasar terhadap produk kesehatan semakin tinggi.(yud)

Berita Terbaru