oleh

Pria Malaysia Menyamar Jadi Dokter Kandungan dan Minta Pasien Kirim Foto Bugil

Kabar6-Pengadilan Singapura menjatuhkan hukuman 40 bulan penjara kepada seorang pria asal Malaysia bernama Ooi Chuen Wei (37) yang menyamar jadi dokter kandungan.

Wei mengaku bersalah atas enam dakwaan penyamaran, dengan 15 tuduhan serupa dipertimbangkan. Dokter gadungan itu meminta 35 pasien wanita mengirim foto dan video bugil.

Dalam persidangan, melansir Straitstimes, terungkap bahwa Wei yang memulai aksinya pada akhir 2016 telah membuat akun Facebook dengan nama ‘Dr Janice Lee Yan Hooi’. Wei mengaku bekerja di ‘Gleneagles Medical Singapore’ dan menggunakan foto wanita Malaysia yang diambil secara acak sebagai foto profilnya.

Agar terlihat semakin meyakinkan, Wei menambahkan sejumlah teman pria dan wanita dalam akun Facebooknya. Dia juga membuat akun Instagram dan Linkedin dengan nama yang sama.

Setelah mengidentifikasi targetnya, Wei mengirim pesan sebagai Dr Lee dan menawarkan diri untuk memberikan konsultasi terkait kesehatan payudara serta seksual setiap bulan. Wei lalu mengirim instruksi bagaimana melakukan pijat payudara dan area kewanitaan, serta meminta korbannya mengirim video saat mereka melakukan pijat tersebut.

Wei berdalih video-video tersebut digunakan untuk diagnosis masalah kesehatan sehingga dia bisa memberikan pasiennya rencana penanganan. ** Baca juga: Bahaya Perubahan Iklim, Peneliti Minta Negara Maju Hanya Makan Dua Burger Seminggu

“Ini pada dasarnya adalah penipuan pengobatan jarak jauh (telemedicine) oleh terdakwa. Terdakwa mengunduh dan menyimpan video dan gambar setelah dia menerimanya, para korban percaya kebohongan terdakwa,” kata R Arvindren, Wakil Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pelaku juga menolak berbicara dengan para korban untuk menutupi identitasnya. Antara 2018 dan 2021, 35 korbannya mengirim 919 foto dan video kepada Wei. Dokter gadungan itu juga berusaha menipu tujuh korban lainnya, tapi gagal.

Aksi Wei mulai terungkap pada 2021, ketika salah seorang korbannya mulai curiga. Korban ini menyelidiki sendiri dan mengetahui tidak ada nama Dr Janice Lee Yan Hooi yang bekerja di Gleneagles.

Berdasarkan laporan korban, polisi pun menangkap Wei.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email