oleh

Pria Ini Kehilangan Kemampuan untuk Buang Air Kecil Akibat Digigit Serangga

Kabar6-Dalam jurnal berjudul Canadian Journal of Emergency Medicine, seorang pria berusia 50 tahun yang tidak disebutkan namanya, kehilangan kemampuan untuk buang air kecil setelah digigit serangga. Bahkan, meskipun ia sudah merasakan kandung kemihnya penuh urine, tetap saja pria ini tak bisa buang air, padahal sudah berusaha untuk mengeluarkannya.

Kondisi mengenaskan yang dialami sang pria ini, melansir livescience, terjadi setelah ia berjalan-jalan di dekat rumah yang ada di kawasan selatan Ontario, Kanada. Saat itu, pria tadi sedang melewati rumput yang cukup tinggi. Tiba-tiba saja ia digigit oleh laba-laba berjenis black widow. Sang pria tidak berpikir macam-macam tentang laba-laba ini dan menganggap gigitan ini tidak akan memberikan dampak apa pun. Nah dua jam kemudian, kakinya mulai merasakan sakit yang luar biasa.
Keesokan harinya saat bangun pagi, kondisi pria itu semakin memburuk. Tidak hanya rasa nyeri di kaki, perutnya juga mengalami kram parah. Hingga akhirnya pihak keluarga segera melarikannya ke rumah sakit untuk memberikan bantuan medis.

Dokter yang menanganinya tidak sadar jika penyebab dari masalah kesehatan yang dialami sang pria adalah karena gigitan laba-laba. Sang dokter bahkan menganggapnya terkena batu ginjal. Pria itu hanya diberi obat dan diperbolehkan pulang. Namun karena kondisinya semakin memburuk, dokter akhirnya merujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap.

Saat itulah sang pria kemudian ditangani oleh dr. Matthew Carere. Saat itu, sang pria sudah dalam kondisi sangat kesakitan, mengeluarkan keringat dalam jumlah yang sangat banyak, dan mengalami pembengkakan pada mata. Saat ditanya oleh dr. Carere, sang pria mengaku digigit laba-laba tapi tidak tahu laba-laba jenis apa yang menggigitnya.

Dr. Carere langsung melakukan pemeriksaan yang mendetail meski tidak menemukan bekas gigitan laba-laba. Setelah mengecek pembengkakan pada kandung kemih sang pria, dr. Carere langsung menduga bahwa laba-laba yang menggigit sang pria adalah yang berjenis northern black widow.

Laba-laba ini ternyata memiliki racun bernama latrodectism yang bisa memicu peningkatan tekanan darah, produksi keringat berlebih, dan nyeri otot. Racun ini juga akan membuat gangguan pada neurotransmitter dan vasodilator yang akhirnya membuat pria tersebut tidak bisa buang air kecil. ** Baca juga: Wow! Dokter Angkat Tumor Seberat 60 Kg dari Rahim Seorang Wanita

Demi membantu tubuhnya mengeluarkan urine yang sudah menumpuk dan menyebabkan pembengkakan pada kandung kemih, tubuh pria malang itu dipasang kateter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru