oleh

Pria di Lebak Ngaku Bisa Loloskan CPNS, Raup Ratusan Juta dari Korbannya

Kabar6-Seorang pria berinisial ASD (51) warga Desa Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak harus berurusan dengan pihak kepolisian Polres Lebak.

Pria paruh baya tersebut diduga melakukan penipuan dengan mengaku bisa meloloskan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ratusan juta rupiah berhasil diraup ASD hanya dari satu orang korban yang masih satu desa dengannya.

“Pelaku menawarkan untuk membantu korban agar lolos dalam tes CPNS. Tetapi, sementara korban baru bisa diterima masuk sebagai honor daerah sambil menunggu pembukaan tes CPNS 2019,” kata Kasat Reskrim Polres Lebak, Iptu Indik Rusmono, Senin (5/4/202).

Agar bisa masuk menjadi honorer daerah, ASD meminta uang sebesar Rp16 juta dengan cara tunai. Korban pun menyanggupi permintaan ASD.

“Pelaku lalu kembali meminta uang kepada korban dengan alasan untuk administrasi kelancaran masuk PNS sebesar Rp20 juta,” ujar Indik.

**Baca juga: Tempat Wisata di Lebak Akan Dipasang GeNose, Pengelola Khawatir soal Tarif.

Indik menyebut, total uang yang berhasil diraup tersangka dari korban jumlahnya mencapai Rp321 juta. Ratusan juta itu diberikan korban kepada tersangka pada tahun 2018 dan 2019.

“Pelaku melakukan tindak pidana tersebut dengan cara meyakinkan korbannya bahwa dapat memasukkan orang sebagai PNS dan pelaku mengaku kepada korban memiliki jatah 1 orang untuk dimasukkan menjadi PNS,” terang Indik.(Nda)

 

Berita Terbaru