oleh

Pria AS Selundupkan Ular dan Kadal dalam Celana

Kabar6-Seorang pria bernama Jose Manual Perez terancam hukuman puluhan tahun penjara, setelah ketahuan menyembunyikan sejumlah ular dan kadal dalam celananya untuk diselundupkan ke Amerika Serikat (AS).

Nilai reptil yang diselundupkan itu sendiri mencapai sekira Rp11 miliar. Menurut pejabat penegak hukum, melansir ndtv, Perez mendalangi penyelundupan reptil selama enam tahun, dan beroperasi dari rumahnya di California selatan, serta telah membawa 1.700 hewan ke AS melalui Meksiko dan Hong Kong.

Dalam pembelaannya, Perez mengaku membayar sejenis keledai untuk mengangkut barang selundupannya dan pernah juga melewati perbatasan sendiri dengan membawa selundupan.

Dokumen menunjukkan, Perez menyelundupkan sejumlah hewan termasuk kura-kura Yucatan, kura-kura Meksiko, anak buaya, dan kadal Meksiko. Hewan tersebut dijual ke pelanggannya di seluruh AS.

Aksi Perez ketahuan pada Maret, saat pria itu berusaha berkendara dari Meksiko membawa 60 hewan yang disembunyikan di celananya dan bagian lain pakaiannya. ** Baca juga: Cari Perhatian Orangtua, Bocah 9 Tahun di Tiongkok Makan Rambut Manusia Hingga Satu Kilogram

Kepada petugas bea cukai, Perez mengatakan dia membawa kadal peliharaannya dalam saku. Namun setelah digeledah, petugas menemukan sebanyak 60 reptil yang disembunyikan dalam celananya termasuk kadal dan ular, dengan tiga reptil ditemukan mati.

Perez yang mengakui dua dakwaan penyelundupan, masing-masing diancam hukuman 20 tahun penjara, dan juga didakwa dengan perdagangan hewan liar dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Pria itu akan divonis pada 1 Desember mendatang.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email