oleh

Prediksi BMKG 3 Hari ke Depan Wilayah Tangerang Raya Berpotensi Hujan Disertai Petir

Kabar6-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca hujan rendah serta cuaca hujan tinggi disertai dengan kilat khusus di wilayah II tempatnya di Tangerang Raya, pada tiga hari ke depan.

“Peringatan dini cuaca itu disebabkan adanya beberapa faktor. Berdasarkan pantauan cuaca, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Provinsi Banten,” kata Sutiyono, Bidang Koordinator Data dan Informasi BMKG wilayah II, pada Kamis (6/10/2022).

Faktor pemicu terjadinya hujan disertai petir dikarenakan beberapa wilayah Provinsi Banten memasuki musim penghujan. Adapun faktor lainnya dikarenakan kondisi suhu yang mempengaruhi permukaan laut yang hangat di wilayah perairan di sekitar Pulau Jawa yang dapat mendukung adanya penguapan.

“Adanya daerah perlambatan kecepatan angin yang datang dari arah Tenggara, sehingga menyebabkan adanya penumpukan massa udara di wilayah Pulau Jawa, termasuk Provinsi Banten,” ujarnya.

**Baca Juga: Hujan Deras, BPBD Tangsel Catat Ada 13 Titik Genangan Sementara

Dia juga mengatakan faktor hujan yang disertai angin lebat dan petir diakibatkan adanya pengaruh aktivitas intra seasonal atau MJO dan Outgoing Longwave Radiation (OLR).

Adanya nilai OLR yang terpantau sangat rendah akibat adanya gangguan gelombang atmosfer seperti Equatorial Rossby, Equatorial Low, dan potensi penguatan gelombang MJO yang pengaruhi kondisi lokal dan kelabilan udara.

“Adanya kondisi lokal Provinsi Banten yang ditandai oleh tingginya nilai labilitas udara,” terangnya.

Sementara untuk beberapa wilayah Tangerang yang diprediksi akan diguyur hujan selama tiga hari kedepan di antaranya:

Kabupaten Tangerang:
Balaraja, Jayanti, Jambe, Cisoka, Pasar Kemis, Curug, Panongan, Legok, Pagedangan, Cisauk, Sukamulya, Kelapa Dua, Sindang Jaya, dan Solear.

Kota Tangerang:
Tangerang, Jatiuwung, Batuceper, Benda, Cipondoh, Ciledug, Karawaci, Periuk, Cibodas, Neglasari, Pinang, Karang Tengah, Larangan.

Kota Tangerang Selatan:
Serpong Utara, dan sekitarnya.

“Kondisi ini terpantau masih akan signifikan hingga 3 hari kedepan. Oleh karena itu, dimohon untuk selalu memantau informasi Prakiraan dan Peringatan Dini dari BMKG Wilayah II,” imbaunya. (Rez)