Praktis & Memudahkan, Belanja Via Online Sebabkan Otot Lemah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
dbest
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Zaman sekarang, ada istilah bahwa ‘berbelanja cukup dengan satu jari’. Artinya, Anda tidak perlu mendatangi toko atau pusat perbelanjaan untuk mendapatkan barang yang diinginkan, tapi cukup memesannya secara online atau disebut shopping online. Belanjaan pun akan diantar ke rumah.

Namun kebiasaan tersebut, disebutkan dalam laman metro.co.uk, tidak baik untuk kesehatan. Studi yang dilakukan Chartered Society of Physiotherapy mengungkapkan, dengan tinggal di rumah dan memesan segala sesuatu langsung dikirim ke rumah, ternyata membuat Anda telah melewatkan banyak sekali latihan menguatkan otot yang penting.

Hal ini mungkin tidak disadari. Kegiatan belanja langsung mendatangi pusat perbelanjaan adalah sebuah olahraga. Ketika Anda berbelanja mingguan di supermarket, setiap gerakan kecil dapat berpengaruh.

Sebuah polling lebih dari 2.000 orang menemukan, 24 persenmasyarakat berusia 65 tahun ke atas tidak melakukan aktivitas penguatan otot sama sekali dalam seminggu. Organisasi ini menyebut, hal itu membuat risiko mereka sakit dan mengalami masalah kesehatan lainnya meningkat.

“Belanja online mungkin bisa sangat memudahkan, tapi ini berarti kita kehilangan salah satu metode yang ada untuk menguatkan otot kita,” kata Profesor Karen Middleton, ketua pelaksana Chartered Society of Physiotherapy.

Penyebabnya karena Anda jarang membawa kantung belanjaan, sebab diantar langsung ke rumah. Selain itu, Anda pun hanya tinggal menunggu barang datang ke rumah..

“Ini bukan argumen melawan perkembangan. Tapi ini menunjukkan bahwa mempertahankan kekuatan dan menjadi aktif tidak berarti harus pergi ke pusat kebugaran, kita harus mencari cara untuk membangunnya dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Middleton.

Sebuah panduan kesehatan merekomendasikan dua sesi latihan penguatan dalam seminggu, misalnya mengangkat beban atau sesederhana menenteng pulang belanjaan mingguan Anda. Untuk yang berusia lebih tua, aktivitas seperti melangkah atau melompat, misalnya dansa, bisa digabungkan. ** Baca juga: Luangkan Waktu 21 Menit Sehari untuk Olahraga, Panjangkan Umur 3 Tahun

Jadi bukannya melarang Anda belanja secara online, namun lebih pada anjuran agar Anda melakukan banyak aktivitas bergerak sehingga menguatkan otot.(ilj/bbs)