oleh

Populasi Hewan Peliharaan di Negara Ini Lebih Besar Ketimbang Jumlah Anak-anak

Kabar6-Belakangan ini terdapat pemandangan lumrah di sejumlah jalanan Ibu Kota Taipei, Taiwan. Tampak kereta bayi yang membawa anak anjing layaknya bayi manusia.

Ya, kereta bayi dengan isi hewan peliharaan anjing memang telah menjadi hal biasa di Taipe. Hal itu karena sistem metro di sana mengharuskan hewan peliharaan diangkut. Dan, melansir theguardian, saat ini juga lebih banyak hewan peliharaan ketimbang anak-anak, karena semakin banyak orang yang mengadopsi hewan peliharaan dan angka kelahiran negara itu terus menurun.

“Anjing di Taiwan dimanjakan dan dirawat dengan baik, tetapi juga bisa menjadi aksesori untuk dipamerkan,” kata Tom Parker, salah satu penduduk di Taiwan.

Pejabat Taiwan memperkirakan ada hampir tiga juta hewan peliharaan di negara itu selama paruh kedua tahun ini, jumlah yang lebih besar dari jumlah anak-anak berusia 14 tahun atau lebih muda. Pada saat yang sama, Taiwan mengalami penurunan angka kelahiran yaitu enam persen dari 2016 hingga 2019.

Laporan tersebut menunjuk pada tekanan sosial terhadap memiliki anak di luar nikah, serta masa cuti hamil yang pendek dan upah rendah, sebagai hambatan terbesar untuk memiliki anak di negara tersebut.

Bahkan, tahun lalu Taipei memperkenalkan beberapa jalur bus yang ‘ramah hewan peliharaan’ di mana hewan hanya perlu diikat, bukan diangkut. ** Baca juga: 4 Pembunuhan Berantai yang Disebut Paling Sadis di Abad ke-19

Beberapa aksesori yang secara tradisional dikaitkan dengan manusia juga menjadi lebih populer untuk hewan peliharaan di Taiwan. Misalnya, tidak jarang melihat seekor anjing mengenakan jas hujan, kacamata hitam, atau kaus kaki.(ilj/bbs)

Berita Terbaru