oleh

Polres Serang Kota Naik Tipe jadi Polresta

Kabar6-Meski terbilang junior, namun Polres Serang Kota dengan cepat naik tipe, dari sebelumnya dijabat AKBP, kini akan diduduki oleh Kombes Pol.

Kenaikan tingkat itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) nomor B/42/M.KT.01/2022, tanggal 11 Januari 2022 yang ditandatangani Tjahjo Kumolo

“Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan harapan masyarakat, Polda Banten telah mengusulkan peningkatan tipe Polresta Serang Kota. Sejak awal tahun 2022 telah mendapat persetujuan sesuai Surat Menteri PAN-RB tersebut,” kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, Rabu (16/02/2022).

Dengan naiknya tipe tersebut, maka personil di Polresta Serang Kota akan ditambah. Kemudian pejabat dan kepangkatan di struktur Polresta juga akan diubah sesuai kebutuhan.

**Baca Juga: Propam Polda Banten Periksa Internal Personil Terkait Kematian Tahanannya

“Dengan kenaikan tipe Polresta Serang Kota, tentu saja dibutuhkan penambahan personel, sarana dan prasarana dan anggaran, sehingga perlu dipersiapkan dengan matang perencanannya,” terangnya.

Kini, Polda Banten yang sejak Desember 2018 menjadi tipe A dan dipimpin Jenderal bintang dua, segera memiliki dua Kapolres berpangkat Kombes, yakni Polresta Tangerang yang sudah dijabat melati tiga dan Polresta Serang Kota yang dalam waktu dekat akan diresmikan.

Sedangkan Polres Lebak, Pandeglang, Serang dan Cilegon, yang terhitung lebih senior dibandingkan Polres Serang Kota, dijabat oleh perwira berpangkat AKBP dengan melati dua dipundaknya.

Operasional Polres Serang Kota menjadi Polresta tinggal menunggu peresmiannya dari Mabes Polri. Persiapannya sudah dilakukan oleh jajaran Kapolres Serang Kota, AKBP Maruli Ahiles Hutapea, dengan memasang papan nama Polresta Serang Kota di atas bangunan bekas OSVIA yang berdiri di tahun 1900’an.

“Kami masih menunggu petunjuk operasionalisasi resmi Polresta Serang Kota dari Mabes Polri. Peningkatan tipe ini memberi motivasi lebih bagi kami dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepolisian yang lebih optimal kepada masyarakat,” kata Kapolres Serang Kota, AKBP Maruli Ahiles Hutapea, Rabu (16/02/2022).(Dhi)