oleh

Politisi PDIP Lebak Tak Setuju KTP Dibubarkan: Harusnya Diperkuat

Kabar6-Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Lebak Enden Mahyudin menyatakan ketidaksetujuannya jika Komisi Transparansi dan Partisipasi (KTP) harus dibubarkan.

“Kalau saya berharap KTP bisa tetap dipertahankan. Lembaga ini produk lokal yang mengawal proses keterbukaan informasi dan mendorong partisipasi masyarakat,” kata Enden kepada Kabar6.com, Jumat (18/6/2021).

Menurut dia, KTP tidak seharusnya dibubarkan, melainkan harus diperkuat, terutama dalam mendorong keterbukaan informasi di setiap badan publik di Kabupaten Lebak. Permohonan informasi yang diajukan ke badan publik diharapkan bisa difasilitasi.

“Seharusnya KTP diperkuat sehingga bisa mendorong kepentingan keterbukaan informasi yang publik butuhkan dari setiap badan publik. Saya sangat setuju jika lembaga ini dikuatkan, bukan malah dibubarkan,” jelas Enden.

**Baca juga: Komisi I Minta Pemkab Lebak Tangani PMKS Secara Komprehensif

Sementara itu mantan Komisioner KTP Lebak Acep Saepudin menyarankan lembaga tersebut tetap ada, namun hanya fokus bagaimana mendorong partisipasi publik dalam mengawal pembangunan.

“Kalau memang mau dibubarkan, perdanya harus dicabut. Tapi kalau saya lebih menyarankan tetap ada, hanya komisi ini fokus saja soal partisipasi. Untuk transparansi sudah ada KI (Komisi Informasi), karena KTP tidak punya kewenangan ajudikasi non litigasi,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru