oleh

Polisi Sita Sampel dari Pencucian Limbah Plastik di Serpong

Kabar6-Polres Tangerang Selatan (Tangsel) menyelidiki temuan industri pencucian plastik di Serpong Kapling RT 02/04 yang membuang limbah sembarangan. Air limbah berwarna merah mengalir deras di Sungai Cisadane hingga viral di media sosial .

“Beberapa sampel sudah diambil,” kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, Ajun Komisaris Angga Surya Saputra kepada kabar6.com di lokasi perkara, Senin (4/10/2021).

Polisi mengambil sampel air dari dekat kolam pencucian yang mengalir ke Sungai Cisadane. Plastik yang belum maupun sudah dicuci juga disita untuk diperiksa di laboratorium.

Angga menyebutkan sudah meminta keterangan dari Komarudin, pemodal pencucian limbah plastik. Menurut pengakuan pengelola plastik diambil dari pengepul perusahaan serta perorangan.

Limbah plastik dari pengepul, lanjutnya, oleh pengelola dicuci lagi untuk kemudian dijual. “Nanti kita akan lakukan penyelidikan mulai perizinan dan sebagainya,” terang Angga.

**Baca juga:Limbah Cucian Plastik Cemari Sungai Cisadane, Pemodal: Saya Akui Salah

Pengelola mengaku warna merah berasal dari sampah yang diambil dari luar pengepul-pengepul. Jadi bukan mereka menyiapkan adonan atau bahan.

“Dan kimia yang menyebabkan warna merah tapi berasal dari sumber sampah, tapi kita akan lakukan penyelidikan itu dulu ya,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru