oleh

Pola Makan yang Tepat Bantu Tingkatkan Kondisi Kesehatan Anda

Kabar6-Nutrisi adalah elemen yang dibutuhkan untuk proses dan fungsi tubuh. Kebutuhan energi didapatkan dari berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Asupan nutrisi yang kurang baik dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit. Meskipun begitu, dengan melakukan sedikit perubahan pada pola makan, Anda dapat meningkatkan kondisi kesehatan

Hal apa saja yang sebaiknya dilakukan? Melansir Healthyeatingsfgate, pertama adalah dengan mengubah pola makan. Sekecil apa pun dapat memberikan pengaruh besar bagi kesehatan Anda. Mulailah dengan mengubah menu dan pola makan Anda sedikit demi sedikit setiap minggunya.

Hindari berbagai jenis minuman, kecuali air putih, kopi hitam, dan teh tawar juga telah dapat memberikan perubahan besar. Hindari minuman bersoda, teh manis, aneka minuman kopi, dan minuman energi yang mengandung lebih banyak kalori, lemak, dan gula.

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, mengonsumsi 1-2 gelas kopi sehari dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kanker. Selain itu, berbagai antioksidan yang terdapat pada berbagai jenis teh juga dapat membantu melawan efek radikal bebas, yang dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan setidaknya delapan gelas air putih setiap harinya untuk tetap sehat. Selain itu, hindarilah berbagai jenis makanan siap saji dan kurangi konsumsi garam anda.

Kemudian, hindari lemak dan kolesterol. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Para ahli menganjurkan agar Anda tidak mengonsumsi lemak jenuh lebih dari 16 gram, kolesterol lebih dari 300 mg, dan jangan mengonsumsi lemak trans sama sekali.

Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol biasanya juga mengandung banyak kalori. Karena itu, menghindari berbagai jenis makanan ini dapat menurunkan konsumsi kalori harian Anda, dan membantu menurunkan berat badan.

Menjaga berat badan sehat dapat membantu tubuh berfungsi sebagaimana mestinya dan menurunkan risiko terjadinya obesitas. Sebagian besar junk food serta camilan mengandung banyak lemak dan kolesterol.

Perbanyak sayur dan buah-buahan juga. Untuk memaksimalkan kondisi kesehatan Anda, konsumsilah setidaknya dua porsi sayur dan buah-buahan setiap harinya. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat, serta rendah kalori.

Setiap pria membutuhkan setidaknya 28-34 gram serat setiap harinya. Sementara itu, kaum hawa membutuhkan 22-28 gram serat setiap harinya. Serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memperlancar buang air besar.

Terakhir, konsumsi protein dan gandum. Diketahui, protein merupakan salah satu unsur penting dalam diet sehat Anda. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan dan pertumbuhan otot. ** Baca juga: Ubah Wajah Tampak Lebih Muda dengan 10 Makanan Sehat

Protein daging tanpa lemak biasanya memiliki kadar kolesterol dan lemak yang rendah. Jangan mengonsumsi lebih dari tiga ons daging setiap harinya. Anda juga dapat mengonsumsi berbagai produk olahan susu dan susu untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Gandum merupakan unsur penting lainnya yang berguna bagi kesehatan. Gandum mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi gandum secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru