Pola Makan yang Sebaiknya Ditinggalkan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kebiasaan makan sehat disarankan dengan menerapkan gizi seimbang, yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, serat, vitamin, protein, dan mineral lainnya dengan jumlah sewajarnya.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang memiliki pola makan tidak berimbang. Terlebih saat ini banyak makanan instan dan bumbu penyedap yang tidak sehat. Dikutip dari
Okezone, berikut adalah lima pola makan yang sebaiknya segera ditinggalkan:

1. Berlebihan konsumsi makanan asin
Konsumsi makanan asin berlebihan dapat menyebabkan hipertensi dalam jangka panjang. Terlebih jika ditambahkan penyedap rasa.

2. Minuman serba manis
Tidak sedikit orang juga lebih suka minuman manis ketimbang air putih. Padahal berlebihan mengonsumsi minuman manis dalam kemasan cenderung mengakibatkan obesitas, juga berisiko diabetes.

3. Makan junk food
Satu porsi junk food mengandung hampir 80 persen lemak jenuh. Saat dimakan berlebihan, dampaknya bisa memicu obesitas dan penyakit tidak menular lainnya dalam jangka panjang.

4. Hobi ngemil gorengan
Selain tinggi lemak, gorengan pun tinggi kalori. Dalam sehari, Anda sebaiknya tidak boleh mengonsumsi gorengan lebih dari dua potong. Dampaknya bisa membuat kegemukan dan kolesterol tinggi.

5. Kurang konsumsi sayur & buah
Kurang mengonsumsi kedua jenis makanan ini dampaknya cenderung memicu hipertensi dalam jangka panjang. Kurang serat juga dapat menyebabkan risiko jangka pendek seperti sembelit, perut kembung, usus tidak lancar dan risiko lainnya. Dalam sehari, Anda sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak lima porsi. ** Baca juga: Kurangi Kalori dalam Tubuh dengan 7 Cara Mudah

Yuk, tinggalkan kelima pola makan tidak sehat tadi agar terhindar dari penyakit yang merugikan.(ilj/bbs)