oleh

Pola Makan Tidak Sehat Bisa Sebabkan Ketombe

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketombe, dengan nama ilmiah pityriasis capitis, adalah pengelupasan kulit mati berlebihan pada kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Salah satu cara mencegah ketombe adalah dengan menjaga kebersihan rambut secara rutin. Cukup keramas tiga kali dalam seminggu dan pijat kulit kepala sebelum keramas ketika muncul ketombe.

Namun ada hal yang mungkin belum Anda ketahui, ketombe bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Dikutip dari Aura, untuk mencegah ketombe, Anda disarankan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

Makanan apa saja yang juga dapat mencegah timbulnya ketombe?
1. Telur, karena kandungannya yang kaya protein, zinc, zat besi, vitamin B12, dan asam lemak omega 6 yang baik untuk kesehatan kulit kepala.
2. Konsumsi berbagai vitamin terutama vitamin B. Konsumsi air minimal delapan gelas sehari.
3. Kurangi makanan pedas, makanan yang digoreng dan minuman bersoda. ** Baca juga: Jangan Lagi Main Ponsel dalam Ruangan Gelap

Jangan lupa untuk rutin menyisir rambut untuk meningkatkan sirkulasi darah demi menjaga kesehatan kulit kepala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru