oleh

Pola Makan Sehat Bantu Lawan Gejala Depresi

Kabar6-Tidak hanya meningkatkan kebugaran, sebuah penelitian dari University of Manchester mengungkapkan, menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi makanan bernutrisi juga mampu meningkatkan kesehatan mental, termasuk melawan gejala depresi.

Dr. Joseph Firth dan tim peneliti dari University of Manchester, melansir womantalk, berhasil menemukan adanya kaitan asupan makanan sehat dengan penurunan gejala depresi, bahkan pada orang-orang yang tidak didiagnosis mengalami gangguan depresi. Temuan ini dihasilkan dari 16 eksperimen yang meneliti pengaruh pola makan terhadap gejala depresi dan kecemasan (anxiety). Ke-16 eksperimen ini melibatkan 45.826 partisipan yang mayoritas di antaranya tidak mengalami depresi klinis.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine ini menyebutkan, segala macam perubahan positif pada pola makan memiliki pengaruh yang sama terhadap kesehatan mental. Begitu pula dengan penurunan berat badan, mengurangi lemak, atau memperkaya asupan makanan bernutrisi yang juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

“Hasil yang sama ini menunjukkan bahwa diet yang terlalu spesifik sebenarnya tidak terlalu diperlukan,” jelas dr. Firth. “Sedikit perubahan pada pola makan saja sudah sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Khususnya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, serat, atau sayuran, serta mengurangi asupan fast food dan pemanis buatan. Ini saja sudah cukup.”

Hal senada dikatakan dr. Brendon Stubbs, peneliti dari NIHR Maudsley Biomedical Research Centre dan King’s College London, yang juga peneliti dalam riset ini. “Data kami menunjukkan adanya bukti yang kuat bahwa perubahan gaya hidup dapat membantu melawan mood rendah dan depresi. Terutama jika makanan sehat dikombinasikan dengan olahraga, efeknya terhadap gejala depresi pun akan semakin besar.” ** Baca juga: Cara Sehat Usir Kantuk Usai Makan ‘Berat’

Hal yang unik, penelitian ini juga mengungkapkan efek positif makanan sehat terhadap psikologis paling tinggi dialami oleh para wanita. Sayangnya, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa wanita paling banyak merasakan manfaat makanan bernutrisi dalam menangkal gejala depresi dan kecemasan. (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru