oleh

Pola Makan Harian Mainkan Peran Penting Bagi Kondisi Kesehatan Anda

Kabar6-Kondisi kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari. Banyak ahli yang merekomendasikan untuk lebih mengonsumsi bahan makanan alami dibanding makanan olahan.

Bahan makanan alami, melansir MSN, memberikan kadar vitamin, mineral, dan antioksidan yang paling optimal serta alami untuk menunjang kinerja fungsi tubuh. Konsumsi bahan makanan alami harus bervariasi untuk mencukupi kebutuhan gizi, sehingga ahli merekomendasikan ‘eat your rainbow’, yang artinya mengonsumsi variasi bahan makanan alami dengan aneka warna seperti pelangi.

Setiap warna makanan diketahui memiliki pigmen yang sifatnya baik untuk kesehatan. Peran makanan berdasarkan warnanya, contoh bahan makanan berwarna merah seperti tomat, semangka, dan jambu. Makanan tersebut mengandung likopen yang berfungsi sebagai antikanker dan menjaga imunitas.

Kemudian, makanan berwarna jingga seperti wortel, ubi, mangga, dan labu mengandung betakaroten yang meningkatkan imunitas serta tinggi antioksidan.

Buah seperti jeruk, lemon, serta pepaya yang warnanya cenderung kuning ke jingga mengandung vitamin C dan flavonoid. Kandungan tersebut membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan tumor dan bersifat detoks yang membantu mengeluarkan racun. Makanan berwarna hijau seperti bayam dan kale mengandung folat yang berfungsi menjaga kesehatan sel.

Bahan makanan alami diketahui baik untuk kesehatan apabila tidak mengalami proses pengolahan terlalu banyak. Namun terkadang, beberapa orang ada yang mengonsumsi makanan olahan seperti sayur kalengan, manisan buah, atau jus kemasan.

Nah, mengonsumsi bahan makanan alami yang melewati proses pengolahan diperbolehkan asal hanya dilakukan sesekali saja dan tidak setiap hari. ** Baca juga: Disarankan, Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur Pagi

Namun jangan lupa melihat kandungan nutrisinya. Penting bagi Anda untuk melihat komposisi nutrisi makanan yang akan dikonsumsi, jangan hanya sekadar melihat jumlah kalorinya saja.

Dalam setiap proses pengolahan bahan makan alami dapat menurunkan kualitas dan kadar gizinya. Mulai dari pemetikkan, pengolahan, hingga distribusi.

Semakin alami makanan, semakin baik dan optimal. Termasuk kandungan gizi, nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan akan semakin utuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru