oleh

Pola Makan dan Olahraga Bisa Pengaruhi Mood Anda

Kabar6-Mood atau suasana hati menjadi bagian penting dalam keseharian. Ya, mood yang bagus saat memulai hari membuat aktivitas harian Anda berjalan lancar. Demikian pula sebaliknya.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi mood Anda, salah satunya adalah pola makan sehat dan olahraga. Seorang ahli nutrisi dan penulis ‘Anti-Inflammatory Eating for a Happy, Healthy Brain’ bernama Michelle Babb MS RD CD, melansir womantalk, menyebut bahwa jika Anda mengalami perubahan mood yang dramatis dan tingkat kecemasan yang meningkat, mungkin inilah saatnya untuk melihat lebih dekat pola makan yang selama ini dijalani.

“Jika Anda tidak makan makanan yang seimbang, maka otak akan menderita sehingga menyebabkan banyak masalah kesehatan mental. Jika otak tidak sehat, Anda mungkin mengalami suasana hati yang terlalu rendah atau depresi, kecemasan, ingatan yang buruk, dan atau kesulitan untuk tetap fokus dalam menyelesaikan tugas,” terang Babb.

Itulah mengapa pola makan sehat juga penting untuk mood yang sehat. Begitu juga dengan olahraga. Saking pentingnya olahraga, The Mayo Clinic bahkan sampai menyarankan untuk melakukannya sebagai pengobatan alami dalam mengurangi stres dan kecemasan, serta mencegahnya datang kembali.

Ini karena olahraga tidak hanya melepaskan bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman, seperti endorfin, tetapi juga merupakan bentuk aktivitas yang bagus untuk mengalihkan pikiran dari kekhawatiran atau pikiran negatif apa pun yang memicu kecemasan dan depresi. ** Baca juga: Alasan Mengapa Tidak Boleh Konsumsi Bagian Bersih dari Roti yang Sudah Berjamur

Jika Anda bukan tipe yang suka berolahraga, The Mayo Clinic meminta Anda untuk melakukan aktivitas fisik lain yang disukai. Para ahli menyarankan beberapa kegiatan yang tidak terlalu intens seperti berkebun, mencuci mobil, atau bahkan hanya berjalan-jalan di sekitar blok, yang ternyata juga dapat membantu meningkatkan mood Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru