oleh

PMI Banten Gelar Pelatihan MTDB

Kabar6-Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) di Aula Markas PMI Banten.

 

Sedianya, pelatihan yang digelar guna memperkuat kapasitas MTDB itu dihelat selama lima hari, terhitung sejak tanggal 4 hingga 8 Agustus mendatang.

 

Kegiatan itu diikuti sebanyak 16 peserta dari PMI Kabupaten/Kota yakni Kepala Markas dan Staf Pelayanan Penanggulangan Bencana (PB).

 

Sekretaris PMI Banten, Hidayat Djohari, berharap melalui pelatihan itu peserta diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dalam memanage serta mampu dalam manajerial sebagai koordinator di lapangan pada saat tanggap darurat.

 

Peserta juga diharapkan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang memiliki keterampilan, sikap dalam pelayanan yang baik sehingga siap dimobilisasi di tingkat lokal atau nasional sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

 

“Kualitas operasi penanganan bencana membutuhkan kemampuan serta keterampilan dalam manajerial tanggap darurat. Sebab, kualitas operasi tergantung sistem cara memanage sebagai seorang koordinator di lapangan,” ujarnya. ** Baca juga: Banten Darurat Kekeringan dan Air Bersih

 

Salah seorang peserta, Gerald Reza Lasut (Kepala Markas PMI Tangerang Selatan), berharap setelah pelantikan, PMI di kabupaten/kota dapat lebih meningkatkan respon, informasi dan komunikasi serta koordinasi dengan lintas stakeholder terkait kebencanaan di wilayah masing-masing.

 

“Dalam pelatihan ini kami tidak hanya dibubuhi sebuah materi melainkan menganalisa, praktik dan akhir dari sebuah pengetahuan yang didapat dalam pembelajaran akan disimulasikan langsung,” ujarnya.(van)

Berita Terbaru