oleh

Pipa Kerap Bocor, Layanan Air PDAM Pandeglang Dikeluhkan Pelanggan

Kabar6-Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Pandeglang kerap mengalami kebocoran di Sumber mata air Cikoromoy. Padahal kondisi ini sangat dikeluhkan pelanggan.

Salah satu pelanggan, Rosidarta warga Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, mengeluh lantaran, air sering kali tidak mengalir berhari-hari.

Warga berharap agar pelayanan PDAM bisa segera diperbaiki, mengingat pelanggan setiap bulan harus melakukan pembayaran. Bahkan, jika menunggak beberapa bulan sering kali dilakukan pemutusan meteran.

“Air bersih yang dialirkan melalui PDAM sudah menjadi kebutuhan setiap hari oleh masyarakat, tetapi di Kecamatan Pandeglang kadang berhari-hari tidak mengalir. Ini sangat meresahkan bagi pelanggan,” ujar Senin (8/6/2020).

Sementara, Kepala Cabang PDAM Pandeglang Muksinin mengatakan, kendala memperbaiki pipa PDAM dari sumber Cikoromoy kerap bocor akibat terkendala anggaran. Ia berharap kedepan persoalan tersebut bisa segera diselesaikan.

“Kendalanya ya anggaran, terus regulasi Mudah-mudahan ini dapat diselesaikan permasalahan ini regulasi mudah mudahan kedepan ini walau tidak sekaligus bisa bertahap, tapi sebenarnya kita juga sudah mulai. Jadi begitu ada yang bocor kita langsung pasang pipa besi tiga atau dua batang secara bertahap. Kalau dadakan tidak bisa,” ujarnya.

Menurutnya, Umur jaringan pipa yang mengaliri di Cikoromoy sudah mencapai 20 tahun. Dengan kondisi demikian dinilai mudah pecah jika terkena tekanan batu.

Padahal, untuk jumlah pelanggan PDAM yang mengandalkan air dari sumber mata air Cikoromoy mencapai 5.000 pelanggan yang berada di lima kecamatan.

“Penyebab terjadinya kebocoran dijalur pipa transmisi yang bersumber dari mata air Cikoromoy itu pipanya pecah. Yang di akibatkan oleh tekanan batu karena memang daerah tanahnya berbatu. Pipanya juga sudah hampir 20 tahun jadi sudah melebihi umur tekhnis dan sudah sangat rapuh,” ujarnya.

Untuk mengatasi kebocoran itu, saat ini PDAM menyediakan tanki air secara gratis untuk pelanggan yang memang hanya mengandalkan air dari PDAM.**Baca juga: 30 Tahun Tinggal di Gubuk Reyot, Lansia di Pandeglang Tak Tersentuh Bantuan.

“Bagi yang tidak mempunyai cadangan air yang memang khusus dari PDAM kebutuhan airnya. Bisa menghubungi pengelola Tanki kita nanti dikirim secara gratis, karena kalau butuh air dan diakibatkan karena pecahnya pipa cikoromoy itu silahkan hubungi petugas Tanki PDAM,” tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru