oleh

Pintu Air Sepuluh Jebol, Produksi Air PDAM TB Terhenti

Kabar6-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Benteng (PDAM TB) Kota Tangerang saat ini sudah tak bisa melakukan kegiatan produksi pengolahan air bersih.

 

Hal itu disebabkan karena adanya kebocoran di beberapa balong pintu pada Bendungan Pintu Air Sepuluh Sungai Cisadane, yang berlokasi di Sewan, Kecamatan Neglasari.

 

“Saat ini kondisi pintu air sepuluh di pintu enam sedang dalam pemeliharaan. Dan, kebetulan kemarin hujan besar di Bogor, hingga kita mendapat air yang cukup besar. Namun, akibat kebocoran tersebut, mengganggu proses pengelolaan PDAM Tirta Benteng (TB),” ungkap Taufik, Kabid SDA Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Selasa (28/7/2015).

 

Pasalnya, debit air Sungai Cisadane yang telah surut hingga 1,5 meter ini, tak dapat mengalir ke level intek PDAM TB.

 

“Upaya yang kita lakukan adalah membantu mengerahkan pompa air, guna menyedot dan mengaliri air ke intek, agar produksi air bisa kembali berjalan,” tukasnya.

 

Selain itu, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan balai bendungan pintu air sepuluh ini. “Harapannya, agar persoalan ini, dapat segera ditangani secepatnya,” pinta dia.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Teknis PDAM TB Kota Tangerang, Erick Rikmantara, menjelaskan bahwa pelaksanaan produksi air bersih sudah terhenti sejak pukul 13.00 WIB siang tadi. ** Baca juga: Bupati Zaki Instruksikan SKPD Bantu Warga Kekeringan

 

“Sedangkan, distribusi airnya pun sudah terhenti sejak pukul setengah tiga sore ini. Karena kami memang tidak lagi memiliki stok air,” pungkasnya, seraya mengamini perihal terhentinya distribusi air keseluruh pelanggan, termasuk ke  kawasan bandara Soekarno Hatta dan industri.(ges)

Berita Terbaru