oleh

Pilkada Serentak di Banten, Golkar Unggul

Kabar6-Partai Golkar kembali unggul di wilayah Banten. Terbukti dengan suksesnya para calon Bupati dan Walikota di beberapa daerah di Tanah Jawara yang diusung oleh partai berlambang Beringin itu versi hitung cepat (quick count) pada Rabu (09/12/2015).

 

Seperti yang terjadi di Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah, yang merupakan adik kandung Ratu Atut Chosiyah, unggul pada penghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei Indobarometer berhasil unggul di Pilkada Itu.

 

Berdasarkan catatan yang ada, Ratu Tatu Chasanah yang berpasangan dengan Pandji Tirtayasa, memperoleh suara sebesar 60,54 persen.

 

Sedangkan lawannya, Ahmad Syarif Madzkurullah-Aep Saepullah mendapatkan perolehan suara 36,46 persen, dengan margin eror 1 persen dan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Serang sebesar 51,15 persen.

 

“Sampai saat ini kemenangan yang diperoleh dari penghitungan cepat itu belum ada reward dari DPP. Itu terjadi karena harus menunggu hasil pasti dari KPU,” kata Ratu Tatu Chasanah, di Pendopo Bhayangkara 51, Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Banten, Rabu (09/12/2015).

 

Sementara di Pilkada Pandeglang, menantu Atut, Tanto Warsono Arban, yang diusung Partai Golkar untuk menjadi wakil dari Irna Dimyati Natakusumah, juga dikabarkan unggul dengan suara sebesar 69,96 persen, dari pasangan calon lainnya, yaitu Aat Aptadi-Dodo 18,19 persen dan Romlah-Yan Riyadi sebesar 11,85 Persen.

 

“Kita belum tahu untuk jumlah partisipasi, mudah-mudahan di atas 90 persen,” kata Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi, Rabu (09/12/2015).

 

Sedangkan di Kota Cilegon, Golkar yang berkoalisi dengan 11 partai politik lainnya untuk  mengusung pasangan Iman Ariyadi-Edi Ariyadi mampu menggungguli rivalnya, Sudarman-Marfi dari jalur independent.

 

Berdasarkan penghitung cepat dari lembaga survei Saiful Mujani, Research and consulting (SMRC), Iman Ariyadi-Edi Ariyadi memperoleh suara sebesar 77,18 persen. Sedangkan Sudarman-Marfi hanya memperoleh suara  22,82 persen.

 

Adapun margin eror nya 1,29 persen dengan tingkat partisipasi mencapai 61,92 persen. ** Baca juga: Quick Count Pilkada Cilegon, Iman-Edi Raup 77,18 Persen Suara

 

“Ini menunjukkan bahwa ekspektasi dan harapan masyarakat kepada saya dan Pak Edi cukup besar. Karenanya Saya harus bisa membuktikan untuk berbuat yang terbaik buat Kota Cilegon,” kata Walikota Cilegon, Iman Ariyadi, saat jumpa pers pemenangan dirinya di GOR Asa, Kota Cilegon, Banten, Rabu (9/12/2015).

 

Mengenai fenomena minimnya partisipasi yang. terjadi di semua daerah di Pilkada ini, Imam Imam Ariyadi mengatakan karena alat peraga kampanye yang tidak bisa dibuat oleh calon.(tmn)

Berita Terbaru