Home / Aneka Berita / Sehat / Pilih 4 Sumber Nutrisi Terbaik yang Disarankan untuk Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi/bbs

Pilih 4 Sumber Nutrisi Terbaik yang Disarankan untuk Daya Tahan Tubuh

Kabar6-Sistem imun atau daya tahan tubuh akan mempengaruhi kesehatan kita, karena menjadi sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit, menghadang virus, jamur atau bakteri.

Bagaimana agar daya tahan tubuh tetap terjaga? Dikutip dari Wartakesehatan, berikut adalah empat sumber nutrisi terbaik yang disarankan oleh para ahli untuk daya tahan tubuh:

1. Buah merah
Buah asal Papua ini dapat membantu memulihkan kanker karena terdapat kandungan tokoferol dan betakaroten yang tinggi. Kedua senyawa kimia ini bekerjasama sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem imun.

Sebagai antioksidan, kedua senyawa ini berperan mencegah dan menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Omega 3 yang terkandung di dalam juga bisa berfungsi memperbaiki jaringan sel yang rusak, sehingga sangat disarankan bagi penderita kanker payudara.

2. Biji kedelai
Flavonoid merupakan sejenis zat yang terbentuk dari sejumlah asam amino dengan beberapa vitamin di dalam biji kedelai. Flavonoid telah banyak dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Kebaikan flavonoid bisa ditemukan pada kacang kedelai.

Flavonoid dalam kedelai yang paling banyak adalah isoflavon yang merupakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak.

3. Air kelapa
Air kelapa muda mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asampantotenat, kolin,dan betaine. Kandungan fitokimia berupa tannin dalam air kelapa dapat bersifat sebagai antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Bayam
Bayam kaya vitamin E, dan memiliki kumpulan gizi yang sangat besar karena mengandung beta-karoten, folat, vitamin A, C dan K, serta mineral seperti tembaga, besi dan semua nutrisi penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh yang kuat. ** Baca juga: Makanan Lezat yang Bantu Hindari Stroke & Penyakit Jantung

Jangan lewatkan keempat nutrisi di atas agar daya tahan tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Check Also

Mana yang Efeknya Lebih Berbahaya, Makanan Pedas Atau Manis?

Kabar6-Setiap orang memiliki selera makan yang berbeda, termasuk soal rasa makanan, mulai dari pedas, manis, ...