oleh

Pilgub Banten Disebut Bakal Seru, Rano Karno Masih Kuat

Kabar6-Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul berpendapat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten pada 2024 mendatang diprediksi bakal seru. Hal tersebut dengan munculnya berbagai nama.

“Kalau saya melihat ke depan Pilgub Banten (2024) ini seru. Karena dari berbagai survei yang sudah dijalani pun seperti Rano Karno, Airin, WH (Wahidin Halim), Andika, itu punya kans saya kira rata,” ujar Adib saat dimintai keterangan oleh wartawan, Kamis (11/8/2022).

Pengamat Politik ini menilai keuntungan WH yang menjadi petahana yang akan menuju Pileg, disebut masih kuat. Sementara, Airin pernah menjabat Wali Kota Tangerang Selatan dua periode.

“Rano Karno sama dia pernah menjadi gubernur di berbagai survei unggul masuk 3 besar. Pertama tergantung pada pileg, kedua tergantung duetnya sama siapa. Itu yg penting,” kata Adib.

Meski demikian, Adib mengatakan, Rano Karno saat ini masih kuat. Meski sudah tidak menjadi gubernur. Hal tersebut diimbangi siapa yang menjadi figur medapampingi dirinya untuk maju Pilgub.

“Tetapi figur dari Banten Selatan sana, seperti Serang dan sebagainya tergantung siapa. Karena kalau bicara Rano Karno waktu lawan WH-Andika selisih kan tipis. Diberbagai survei walaupun sudah tidak jadi gubernur Rano Karno itu tinggi juga,” katanya.

**Baca juga: Rano Karno Berpeluang Maju Lagi di Pilgub Banten, Zaki-Arief Bukan Prioritas Utama Partai

Saat disinggung soal Rano Karno apakah masih laku untuk jadi Gubernur, Adib mengungkapkan berdasarkan berbagai survei, peluang untuk menjadi gubernur masih terbuka lebar.

“Kalau beberapa survei yang saya kerjakan Rano Karno peluangnya masih besar. Karena bagaimanapun faktor utamanya PDI-P ini gregetan menurut saya. Ingin menang di Banten, karena kalah terus,” ungkapnya.(oke)