oleh

Petugas Temukan Penyakit Hewan Ternak Qurban di Tangsel

Kabar6-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah melaksanakan kegiatan pengawasan ke lapak pedagang hewan ternak kurban. Hasilnya ditemukan beberapa hewan jenis sapi, kambing, domba dan kerbau mengidap penyakit tertentu.

“Penyakit yang ditemukan keseleo, abses, entritis,” kata Kepala Seksi Peternakan, Sandra Larasati saat dikonfirmasi kabar6.com, Minggu (11/7/2021).

Meski demikian, ia terangkan, penyakit tersebut tidak membahayakan hewan ternak kurban. Hewan yang dijual para pedagang tidak membahayakan kesehatan atau masih aman dikonsumsi.

Sandra sebutkan pengawasan sejak pekan kemarin sudah berlangsung sedikitnya di 15 kelurahan Kota Tangsel. Hewan ternak yang diperiksa sapi 2.397 ekor. Kerbau 44 ekor, kambing 1.865 ekor, serta domba 820 ekor.

**baca juga: Obat Terapi Covid Langka, Dinkes Tangsel Minta Warga Infokan Penjualan Diatas HET

“Kami memberikan surat SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dan stiker sehat yang sudah kami periksa. Lapaknya yang dipasang stiker,” jelasnya.

Sandra bilang kebanyakan hewan ternak kurban yang ada di lapak-lapak pedagang tidak ada yang menderita sakit. Sebab mereka sudah mengantongi SKKH dari daerah asal sapi, kerbau, kambing atau domba yang dijual.(yud)

Berita Terbaru