oleh

Petugas Lapas Panama Amankan Seekor Kucing yang ‘Selundupkan’ Narkoba ke Penjara

Kabar6-Peristiwa tak biasa terjadi di penjara Nueva Esperanza, Provinsi Colon, Panama. Petugas keamanan lembaga pemasyarakatan (lapas) setempat, mengamankan seekor kucing yang dimanfaatkan untuk menyelundupkan narkoba ke penjara.

Berawal ketika petugas lapas, melansir Telegraph, merasa curiga saat melihat tubuh kucing putih kuning itu diikat kantong. Mereka lantas menghentkan langkah kucing yang hendak menerobos masuk. “Hewan itu membawa kantong yang diikatkan di leher,” kata Andres Gutierrez, kepala Lembaga Pemasyarakatan Panama.

Benar saja, kantong tersebut ternyata berisi paket serbuk putih, daun kering, serta bahan nabati. Pejabat lainnya menduga, obat-obatan itu merupakan kokain, ganja, serta kristal. ** Baca juga: Arkeolog Temukan Kereta dan Kota Emas Firaun

Rupanya, ini bukan percobaan penyelundupan narkoba pertama yang memanfaatkan hewan ke penjara di Panama. Sebelumnya, pihak berwenang mencegat percobaan pengiriman narkoba menggunakan merpati, bahkan drone.

Para narapidana diketahui biasa memberikan makanan kepada hewan liar seperti kucing. Sementara itu, Kantor Kejaksaan Colon memmbuka penyelidikan kasus pemanfaatan hewan untuk menyelundupkan narkoba ke Lapas Nueva Esperanza.

Jaksa Eduardo Rodriguez mengatakan, kucing lucu itu akan dibawa ke pusat penampungan hewan peliharaan. Panama sendiri memiliki sekira 18 ribu napi yang ditampung dalam 23 penjara. Sebagian penjara penuh sesak, melebihi kapasitas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru