oleh

Pesawat Mendarat Darurat Gara-gara WiFi

Kabar6-Maskapai Turkish Airlines dengan rute penerbangan Nairobi-Istanbul terpaksa mendarat darurat di Sudan. Bukan karena keruskan mesin, dalam pesawat dengan 100 penumpang ini ditemukan koneksi WiFi dengan nama mencurigakan dari ponsel milik salah seorang penumpang.

Nama hotspot WiFi itu adalah ‘Bomb on board’. Keruan saja hal ini, melansir travelandleisure, membuat para kru pesawat panik dan segera mengambil keputusan melakukan pendaratan darurat. Namun setelah dilakukan inspeksi saat mendarat di bandara Khartoum, Sudan, tidak ditemukan satu pun bom dalam pesawat. Dikatakan juru bicara Turkish Airlines, penumpang tersebut diyakini sadar betul dengan apa yang dilakukannya dan sengaja menggunakan nama hotspot WiFi yang menghebohkan.

“Para pakar menyebutkan, jaringan WiFi ini dibuat saat penumpang berada di atas pesawat,” katanya. “Tidak ada keanehan yang terlihat setelah prosedur keamanan dilaksanakan dan para penumpang diizinkan kembali masuk ke dalam pesawat.”

Diketahui, ini bukan insiden pertama menyangkut koneksi WiFi yang menghebohkan dunia penerbangan. Mei tahun lalu, sebuah pesawat yang dijadwalkan terbang dari Cancun ke London Gatwick terpaksa dibatalkan, karena muncul koneksi hotspot WiFi dengan nama ‘Jihadist Cell London 1’.

Insiden lainnya terjadi pada 2016 lalu, di mana pesawat milik maskapai Qantas ditunda akibat jaringan WiFi bernama ‘Mobile Detonation Device'”. Penundaan ini berlangsung selama dua jam. ** Baca juga: Unik, Sebuah Hotel di Boston Tawarkan Tarif Sesuai Suhu Udara Saat Tamu Menginap

Bercanda sebaiknya melihat tempat dan situasi, ya.(ilj/bbs)