oleh

Perusahaan Tangguhkan UMK, Buruh Tangerang Turun ke Jalan

Kabar6-Buruh Tangerang kembali turun ke jalan. Kali ini, ratusan buruh yang tergabung dalam Komite Buruh Tangerang Bergerak menyisir sejumlah titik diwilayah Kota Tangerang, Senin (4/2/2013).

Dalam aksinya, buruh mendesak perusahaan segera membayar upah mereka sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dalam Upah Minuman Kerja (UMK), yaitu Rp. 2,2 juta.

Sejumlah wiayah yang menjadi titik konsentrasi aksi buruh diantaranya adalah, kawasan Industri Kebon Besar, Batuceper dan Tanah Tinggi.

Sambil melakukan konvoi bersepeda motor, buruh juga menggelar orasi terkait sikap sejumlah perusahaan yang belum memenuhi tanggungjawab membayar upah buruh sesuai ketentuan UMK.

“Aksi kami kali adalah ingin menuntut hak sebagaimana aturan yang ada. Karena, sampai hari ini masih ada ratusan perusahaan di Banten yang belum memenuhi tanggungjawabnya mmebayar upah buruh sesuai UMK,” ujar salah seorang aktivis buruh, Sunarno.

Dari total ratusan perusahaan penangguh UMK tersebut, lanjut Sunarno, sebanyak 40 perusahaan diantaranya berada dan beroperasi di Kota Tangerang.

“Kami akan kembali menggelar aksi turun ke jalan dengan jumlah massa yang lebih besar, bila aspirasi kami ini tidak ditanggapi oleh pemerintah dan pengusaha,” ujar Sunarno lagi.

Ya, meski berlangsung cukup damai dan tertib, aksi buruh tetap mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Sebelum membubarkna diri, buruh juga sempat membagi-bagikan brosur kepada warga terkait tuntutan mereka soal UMK.(rani)

Berita Terbaru