oleh

Perumdam TKR Hattrick Perusahaan Air Minum Tersehat di Indonesia

Kabar6-Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang secara berturut-turut kembali mempertahankan kinerja sebagai perusahaan daerah pengelolaan air bersih nomor satu di Indonesia dengan kinerja sehat.

Hal tersebut terungkap dalam Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2021 tanggal 7 Februari 2022 dari yang dinilai oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Berdasarkan keterangan resmi dari website Perumdam TKR, prestasi tersebut merupakan kado istimewa bagi perusahaan plat merah di Kabupaten Tangerang itu.

Hal itu berdasarkan Buku tersebut tercantum posisi Perumdam TKR berada pada posisi teratas dengan nilai 4,42, diikuti oleh Perumdam Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang (4,26) dan PUDAM Kabupaten Banyuwangi (4,25) dan perusahaan lainnya.

Dirut Perumdam TKR, Sofyan Sapar mengatakan, bahwa prestasi ini merupakan kali ketiga perusahaan yang dipimpinnya berada di posisi teratas. Kendati posisi pertama juga diraih pada tahun 2019 dan 2020.

“Kami tentu saja berbangga atas hasil ini karena mampu mempertahankan kinerja Perumdam TKR, dan semua ini tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen perusahaan baik KPM, Dewan Pengawas, Direksi dan seluruh Pegawai dalam mendukung upaya peningkatan kinerja menuju perusahaan air minum yang unggul di Indonesia,” ujar Sofyan dalam keterangan, Jumat (18/3/2022).

Sofyan menjelaskan strategi yang dilakukan bahwa selama tahun 2021 ini perusahaanya terus menggenjot peningkatan cakupan dengan penambahan kapasitas produksi, pemasangan jaringan perpipaan dan penambahan jumlah pelanggan baru hingga mencapai 20 ribu dalam setahun.

Meski demikian, kegiatan penanganan tingkat kehilangan air pun terus diupayakan termasuk digitalisasi sistem perpipaan, sistim hidrolis, pengoperasian IPA dan Boosterpump. Sedangkan untuk sumber daya manusia karena masih situasi pandemi, pihaknya lakukan monitoring kesehatan secara ketat agar pola kerja pegawai tetap terjaga secara baik.

“Kami mencoba meng-install pemikiran pegawai agar tetap semangat dimasa pandemi dan bekerja keras secara bersama-sama dalam mencapai target RKA dan Action Plannya masing-masing, dan cara ini Alhamdulillah berhasil dimana capaian kinerja terus mengalami peningkatan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh internal perusahaan maupun pihak eksternal, dan penilaian dari Kementerian PUPR inilah salah satu buktinya,” jelasnya.

Terkait pendapatan mengalami trend kenaikan yang bagus meskipun tidak ada kenaikan tarif dan belum Full Cost Recovery atau FCR.

Selain itu, membuat setoran PAD pun mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, yang menjadi menarik perhatian adalah tingkat pembayaran tagihan rekening oleh pelanggan tetap stabil meski masyarakat mengalami kesulitan secara ekonomi dampak pandemi.

**Baca juga: Hai Warga, Disdukcapil Kota Tangerang Pindah Ke Gedung Baru Ya Sekarang !

“Ini bisa saja terjadi karena Perumdam TKR telah menerapkan kemudahan pembayaran bagi pelanggan secara online melalui kerjasama pembayaran di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Tokopedia, Bank Mandiri, Kantor Pos dan lainnya yang lokasinya saat ini banyak tersebar berdekatan dengan rumah pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk jauh-jauh ke loket kantor Perumdam TKR dan mengantri pembayaran,” katanya.

Sebagai informasi, dari 388 BUMD yang dinilai kinerjanya, terdapat 225 BUMD Air Minum (58 persen) yang berkinerja Sehat, 104 BUMD Air Minum (27 persen) berkinerja kurang sehat dan 59 BUMD Air Minum (15 persen) berkinerja Sakit. Penilaiannya berdasarkan Balance Score Card dengan beberapa aspek yaitu Keuangan, Operasional, Pelayanan dan Sumber Daya Manusia. (Oke)