oleh

Pertumbuhan Industri di Tangsel Tembus Rp 29 Triliun

Kabar6-Geliat pertumbuhan investasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan signifikan. Ini terlihat pada triwulan kedua di 2014, pemasukan dari beragam sektor industri yang ada telah mencapai angka Rp 29 triliun.

Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Kota Tangsel, Oting Ruhiyat, mengatakan jumlah investasi di kota yang dipimpin Airin Rachmi Diany ini terus meningkat setiap tahun.

Pada 2013 lalu, tercatat untuk Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 1,4 triliun. Sedangkan PMDN Fasilitas mencapai hingga Rp 1,5 triliun, pada tahun yang sama.

“Iklim investasi terus meningkat. Keterbatasan lahan tidak menjadi kendala, karena beberapa daerah, seperti (Kecamatan) Setu masih tersedia lahan yang cukup,” katanya saat ditemui di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu, Selasa (22/4/2014).

Menurut Oting, Kota Tangsel telah menjadi wilayah terbesar dalam kategori penyumbang Master Plan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk wilayah Banten.

Diketahui, target MP3EI wilayah Banten sebesar Rp 40 triliun dan dapat terealisasi Rp 39 triliun. “Dan, kita (Tangsel) merupakan penyumbang terbesar,” ujarnya.

Masih menurut Oting, sektor investasi yang menjadi incaran para pemodal, masih pada seputar bisnis perumahan atau properti. Diakuinya, ada tiga pengembang besar yang masih terus mengembangkan bisnis propertinya di Kota Tangsel.

“Kita tahu, pembangunan mal (pusat perbelanjaan), kawasan bisnis, perumahan, terus dilakukan di Tangsel,” jelas mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

Tingginya nilai investasi yang dibenamkan di kota berpenduduk 1,3 juta jiwa ini ditopang oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya, yakni lokasi yang strategis, akses jalan bebas hambatan atau tol yang sudah terintegrasi, dekat dengan Bandara Soekarno Hatta dan dekat dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Terpisah, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, belum lama ini menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel begitu fantastis. Tingginya nilai investasi yang dibenamkan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kota seluas 147,9 kilometer dan terdiri atas tujuh kecamatan ini. **Baca juga: Inspirasi Kartini, Ini Karakter Perempuan Super Versi Airin.

“Pertumbuhan ekomoni Tangsel sudah mencapai 8,6 persen,” kata Wakil Walikota.(yud)

Berita Terbaru