oleh

Pertama, Pemilihan Ketua OSIS di Tangsel Pakai Aplikasi e-Voting

Kabar6-Proses pemilihan ketua OSIS SMK Plus BLM Lengkong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggunakan sistem e-Voting. Sistem ini diklaim lebih simpel karena panitia penyelenggara tidak perlu mencetak kertas surat suara.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, mengatakan e-Voting merupakan aplikasi yang dimiliki lembaganya. Aplikasi ini digunakan sebagai salah satu instrumen untuk melakukan pendidikan pemilih bagi masyarakat.

“SMK Plus BLM merupakan sekolah pertama di Tangsel yang mengunakan aplikasi ini, sejah di launching pada akhir 2021 lalu,” katanya lewat keterangan tertulis yang diterima kabar6.com, Senin (23/5/2022).

Ade jelaskan, panitia tidak perlu mencetak surat suara dan menyediakan kebutuhan TPS lainya. Seperti tinta, paku dan busa untuk melakukan pencoblosan.

Panitia hanya menyediakan monitor atau komputer untuk digunakan pemilih. Artinya pemilih hanya melakukan pemilihan di layar komputer tidak harus mencoblos surat suara.

“Tidak hanya dari sisi teknis melakukan pencoblosan, efesiensi waktu untuk mengetahui hasil dari rekapitulasi pemilihannya juga lebih singkat dan cepat,” jelasnya.

**Baca juga: PPDB SMP Negeri Tangsel Dibuka, Dikbud Siapkan Ribuan Kuota

Menurutnya, momentum ini merupakan suatu hal yang baik dan perlu dicontoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menggunakan aplikasi e-voting dalam kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis baik SMK/SMA atau SMP atau sebutan lain.

“Selain dari sisi pelaksanaannya lebih simplel, kegiatan ini juga mendorong partisipasi siswa dalam pesta demokrasi dilingkungan sekolahnya. Hal ini mudah-mudahan berdampak baik kepada siswa ketika terjun dalam dunia kepemiluan yang sebenarnya,” tambah Ade.(yud)