oleh

Persiapan Tempat Isolasi Baru di Lebak 30 Persen

Kabar6-Pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala di Kabupaten Lebak tidak akan lagi diisolasi di Rumah Sakit Islam (RSI) H Madali. Hal itu karena kontrak pinjam pakai pemerintah daerah dengan manajemen rumah sakit segera berakhir.

Sebagai gantinya, sebagai tempat isolasi baru, Pemkab Lebak menggunakan Balai Pemulihan dan Pengembangan Sosial (BPPS) milik Dinas Sosial Provinsi Banten, di Jalan Siliwangi.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, ada 3 gedung yang akan digunakan sebagai fasilitas maupun penunjang tempat isolasi. Dua gedung untuk ruang perawatan pasien, dan satu gedung untuk ruang administrasi tenaga kesehatan.

Persiapan agar gedung tersebut bisa segera digunakan sudah mulai dilakukan. Namun baru 30 persen persiapan yang sudah rampung dikerjakan.

“Sekitar 30 persen sudah selesai. Tiga gedung yang akan digunakan itu sudah siap, karena banyak yang harus kami benahi dan perbaiki, mulai dari ketersediaan air, listrik, beberapa kaca pecah dan lain-lain, termasuk rumput-rumput sudah bersih. Keseluruhan kalau untuk gedung sudah siap,” kata Febby menjelaskan saat dihubungi Kabar6.com, Kamis (29/7/2021).

Kini ujar Febby, tinggal menunggu fasilitas kesehatan dan fasilitas bagi pasien selama menjalani masa isolasi di tempat tersebut. Salah satunya tempat tidur yang jika dimaksimalkan bisa terisi untuk 100 orang pasien.

“Hanya tinggal menunggu suplai fasilitas utamanya saja dari Dinkes, seperti tempat tidur, dan lain-lain. Ya fasilitas mini hospital seperti itu lah,” terang Febby.

**Baca juga: 500 Pedagang di Pasar Rangkasbitung Ditarget Ikut Vaksinasi Covid-19

Sisanya 20 persen adalah fasilitas pendukung, seperti penyediaan baliho, rambu hingga jalur khusus bagi pasien dan tenaga kesehatan. Tentu saja sambung Febby, lebih cepat seluruh fasilitas tersedia akan lebih baik.

“Lebih cepat tentu lebih baik agar bisa secepatnya dioperasionalkan. Tetapi sebelum kontrak pinjam di tempat sebelumnya habis, tempat ini sudah bisa digunakan,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru