oleh

Perlukah Sit-Up untuk Kecilkan Perut?

Kabar6-Tidak sedikit wanita yang berpikir bahwa sit up adalah jalan untuk mendapatkan perut kecil dan ramping. Sit up adalah gerakan melatih otot perut dengan cara membaringkan diri pada sebuah lantai atau matras.

Kedua lutut ditekuk menjejakkan ujung tumit di lantai, kemudian punggung yang dalam posisi tidur ditarik ke depan menuju arah lutut. Kemudian, punggung diturunkan hingga 45 derajat sampai terasa kontraksi pada perut, dan tubuh ditarik lagi ke depan.

Sebuah penelitian dilakukan Angkatan Darat Amerika terhadap 10 ribu prajurit mereka untuk melakukan sit-up rutin. Hasilnya, melansir Pesona, sebanyak 56 persen dari mereka mengalami masalah kebugaran, khususnya pada bagian tulang belakang. Penasihat militer AS percaya, sit-up menekan terlalu banyak tulang belakang.

Hal ini dibenarkan Stuart McGill, profesor biomekanik tulang belakang dari University of Waterloo, Kanada. Menurut McGill, sit-up memberikan tekanan berlebihan pada ruas-ruas tulang belakang.

Jika dilakukan rutin, ia akan menekan saraf yang menyebabkan nyeri dan terjadinya hernia. Berdasarkan penelitian tersebut, para ahli fitnes AS sudah melarang keras olahraga ini.

Lantas, bagaimana solusinya? Anda bisa mengganti cara mengecilkan perut ini dengan melakukan plank. Awali dengan 30 detik, lalu rutin selama satu menit. Bisa jadi Anda hanya perlu menunggu waktu sebentar untuk memiliki perut lebih kecil.

Plank bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tak membutuhkan banyak tempat. Olahraga ini diyakini sebagai salah satu latihan paling efektif yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan.

Posisi plank mirip dengan push up. Perbedaannya, jika push up dilakukan dengan gerakan naik turun, plank mengharuskan bertahan dalam posisi tersebut semaksimal mungkin. ** Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kandungan Gula dalam Es Krim Berbeda-beda, Lho

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru