Peringati Hardiknas 2018, Dindik Kabupaten Tangerang Gelar Gerak Jalan Santai

kabar6.com
Gerak Jalan Santai yang digelar Dindik Kabupaten Tangerang memperingati Hardiknas.(din)

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) memperingati Hari Pendidikan (Hardiknas) tahun 2018 dengan gerak jalan santai, senam massal murid tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga penyerahan piagam penghargaan bagi guru serta siswa SD, SMP yang berprestasi.

Kepala Dindik Kabupaten Tangerang, Hadisa Masyhur mengatakan, pada moment peringatan Hardiknas pihaknya bersiap meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari reformasi pelayanan di Dindik di Kabupaten Tangerang.

“Kami bersiap meningkatkan pelayanan pendidikan. Kami juga mendukung arah kebijakan pemerintah pusat yang sedang mengupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional,” ungkap Hadisa, kepada Kabar6.com, Selasa (1/5/2018).

Hadisa menjelaskan, pembentukan karakter akan dimulai dan menjadi prioritas saat siswa berada pada jenjang pendidikan dasar.

Kemudian, untuk jenjang pendidikan selanjutnya, peserta didik diharapkan agar dapat mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

kabar6.com
Kepala Dindik Kabupaten Tangerang, Hadisa Masyhur.(din)

“Memungkinkan peserta didik untuk membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi sesuai kebutuhan di abad 21,” tandasnya.

Menurut Hadisa, melalui karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa, khususnya Kabupaten Tangerang dapat menyongsong masa yang akan datang dengan lebih baik.

Khusus Hardiknas tahun ini kata Hadisa, Dindik bersama PGRI Kabupaten Tangerang melaksanakan Gerak Jalan Santai di area Puspemkab Tangerang dan Senam Siswa Massal Bagi Murid PAUD.

“Acara ini diikuti sekitar 5000an peserta dari PAUD, TK, SD, SMP dan PGMI. Tujuan acara ini untuk mempererat tali silaturahmi antara stakeholder holder di dunia pendidikan,” paparnya.

kabar6.com
Sekretaris Dindik Kabupaten Tangerang Tini Wartini.(din)

Senada dikemukakan Sekretaris Dindik Kabupaten Tangerang Tini Wartini, pada peringatan Hardiknas juga akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi guru dan siswa SD, SMP yang berprestasi.

Diantaranya, juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2018, dalam bidang lomba matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“Penerima 9 orang terdiri dari juara 1-3 pada tiap bidang,” jelasnya.

Kemudian, imbuh Tini, ada juga penyerahan penghargaan juara seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2018, dalam atletik, bulutangkis, karate, pencak silat, renang (50 meter), bola volley, bola sundul, catur, futsal, taekwondo dan tenis meja.

“Penerimanya 24 pelajar terdiri dari juara 1-3 pada setiap cabang,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, penyerahan penghargaan juga diberikan kepada juara 1, 2 dan 3 penyelenggaraan aprsiasi pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan non formal (PTK-PNFI) pada Dindik Kabupaten Tangerang APBD tahun 2018.

“Untuk jenisnya ada lomba pengelola TK, lomba pendidik TK, lomba pengelola KB, lomba pendidik KB, lomba pengelola LKP, lomba instruktur komputer, lomba instruktur tata rias pengantin, lomba instruktur otomotif, lomba pengelola PKBM, lomba tutor Paket B, lomba tutor Paket C, lomba tutor KF, lomba pengelola TBM, lomba pamong belajar, dan lomba penilik,” pungkasnya.

Ditambahkan Tini, sesuai Peraturan Bupati Nomor 5 tahun 2015 tentang bantuan operasional sekolah, Dinas Pendidikan sudah merealisasikan belanja pegawai tunjangan untuk guru-guru honorer.

“Kemudian capaian program unggulan tahun 2013-2018 yakni peningkatan akses pendidikan berupa pembangunan ruang kelas sudah terealisasi 4.297 unit, peningkatan akses sanitasi berupa pembangunan Sanisek 1.524 unit, kartu pintar berupa penyediaan beasiswa bagi keluarga tidak mampu sebanyak 19.374 siswa,” tuturnya.(Adv)