Perhatikan Pola Makan Terbaik untuk Pekerja Shift Malam

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang memiliki waktu bekerja pada malam hari, karena tuntutan profesi. Perubahan jam kerja ini akhirnya membuat pola tidur dan makan juga berubah.

Namun tidak sedikit pekerja malam yang mengabaikan kesehatan, terutama soal makan. Pola shift malam, seperti dilansir Gris, bisa mempengaruhi metabolisme karyawan. Tubuh cenderung menggunakan lebih banyak energi daripada jam kerja normal.

Perubahan pola hidup ini membuat para pekerja malam lupa dan tidak tahu kapan waktunya makan. Nah, bagaimana ola makan terbaik untuk pekerja shiFT malam?

1. Makan malam sebelum berangkat kerja
Makanlah sebelum berangkat kerja sekira pukul 18.00. Makan malam saat Anda sudah di kantor bisa mengakibatkan banyak penyakit seperti maag, sembelit, dan kembung.
Itu juga bisa membuat Anda merasa mengantuk, lamban dan lesu.

2. Bawa camilan sendiri
Saat shift malam, Anda pasti ingin makan camilan. Jadi jangan lupa membawa camilan sehat dari rumah anatara lain seperti apel, kacang atau yoghurt.

3. Hindari makanan berlemak
Jangan mengonsumsi makanan berlemak seperti ayam goreng, pizza, dan burger. Makanan ini bisa menyebabkan maag dan gangguan pencernaan. Tak hanya itu, makanan ini juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan diabetes.

4. Minum yang banyak
Sangat penting menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah air putih yang banyak selama bekerja shift malam. Minum yang banyak juga bisa membuat Anda tetap bugar dan tidak loyo. ** Baca juga: Mengapa Tetap Mengantuk Meskipun Sudah Tidur Cukup?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)