oleh

Perhatikan 6 Hal Ini Agar Program Diet Anda Tidak Sia-sia

Kabar6-Dibutuhkan usaha, kesabaran, ketekunan dan konsistensi untuk menurunkan berat badan di angka ideal. Sayangnya, banyak orang terjebak dengan cara yang salah untuk mendapatkan tubuh ideal, yaitu tidak memprioritaskan kesehatan.

Nah, bagaimana agar Anda tidak terjebak pada cara yang salah? Melansir Kompas, berikut enam hal yang harus diperhatikan agar program diet tidak sia-sia, dan tubuh tetap sehat:

1. Konsumsi makanan kaya protein
Protein adalah bahan pembangun otot dan membantu dalam penurunan berat badan. Karena itulah, makanan kaya protein seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan harus dimasukkan dalam menu diet.

2. Konsumsi cairan
Minum banyak cairan sangat penting jika kita ingin menurunkan berat badan karena dehidrasi akan menganggu sistem pencernaan dan metabolisme. Jadi, konsumsi banyak cairan seperti air putih, atau pun jus segar tanpa pemanis.

3. Rutin olahraga
Apa pun diet yang kita jalani, olahraga fisik secara teratur adalah hal paling penting untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai program latihan, namun para ahli merekomendasikan untuk melakukan kardio dan latihan kekuatan demi membentuk otot. Semakin banyak otot, semakin banyak kalori yang dibakar di masa istirahat.

Semakin banyak massa otot, akan membuat tubuh kita membakar lebih banyak kalori pada masa istirahat.

4. Konsumsi makanan kaya serat
Serat memperlancar pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama, yang pada akhirnya mencegah makan berlebihan pada jam berikutnya. Selain buah dan sayur, sumber serat terbaik adalah serelia utuh seperti oat dan gandum utuh.

5. Tidur yang cukup
Setiap kali kurang tidur, kita sering menginginkan makanan yang menenangkan. Karena itulah, tidur memainkan peran penting dalam manajemen berat badan. Kita harus memastikan untuk tidur selama enam hingga delapan jam setiap hari.

6. Kelola tingkat stres
Stres dan tekanan yang berlebihan juga bisa menghalangi kita untuk memiliki tubuh ideal. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa olahraga pernapasan seperti yoga atau bahkan meditasi untuk mengelola tingkat stres. ** Baca juga: Survei Ungkapkan 1 dari 10 Orang Lebih Pilih Kunyah Permen Karet Ketimbang Sikat Gigi

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru