oleh

Perhatikan 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Rusak Ginjal Anda

Kabar6-Ginjal adalah salah satu organ penting tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. Organ yang berbentuk menyerupai kacang ini terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang (otot posterior rongga perut).

Sama seperti organ lainnya, ginjal berperan penting dalam kelangsungan hidup seseorang. Pasalnya, fungsi utama ginjal adalah menyaring limbah dan cairan dari dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun.

Karena itulah, Anda wajib menjaga kesehatan organ ginjal secara maksimal. Hal lain, melansir Teen, ada empat kebiasaan buruk yang harus dihentikan karena dapat merusak ginjal. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi makanan olahan secara berlebihan
Makanan olahan banyak memiliki kandungan fosfor dan natrium yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak ginjal.

2. Kurang minum air putih
Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Saat kekurangan asupan air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan tidak bisa berkonsentrasi.

Selain itu, banyak minum air putih juga baik bagi ginjal karena bisa membuang racun dari tubuh. Dehidrasi berbahaya bagi tubuh, karena juga bisa menimbulkan batu ginjal dan merusak ginjal.

3. Konsumsi garam berlebihan
Makanan yang mengandung banyak garam memang bisa meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi garam ini juga bisa membahayakan ginjal, karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan garam yang berlebih.

4. Sering menahan buang air kecil (BAK)
Kebiasaan yang satu ini juga harus segera dihentikan. Menahan buang air kecil sangat tidak disarankan karena tidak baik untuk kesehatan. Saat buang air kecil, kita mengeluarkan racun dari tubuh.

Karena itulah, sering menahan buang air kecil bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan batu ginjal. ** Baca juga: Bagaimana Agar Nutrisi dalam Sayuran Tetap Terjaga?

Mulailah menjalankan pola hidup sehat, dan tinggalkan empat kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan ginjal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru