oleh

Perekaman e-KTP di Kabupaten Lebak Meningkat

Kabar6-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak mencatat adanya peningkatan yang cukup signifikan pada perekaman e-KTP.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Lebak Ahmad Najiyullah mengatakan, sejak awal hingga pertengahan bulan Juni 2021, tercatat sudah sebanyak 2.600 orang melakukan perekaman.

“Terjadi peningkatan perekaman setelah Lebaran. Biasanya per hari hanya puluhan dan paling banyak 100 orang, sekarang bisa 200 sampai 300 orang melakukan perekaman,” kata Naji kepada Kabar6.com, Rabu (16/6/2021).

Ada beberapa faktor mengapa angka perekaman e-KTP mengalami peningkatan.

Selain jemput bola yang dilakukan Disdukcapil, meningkatnya perekaman juga dikarenakan kebutuhan lulusan SMA yang berniat mencari pekerjaan. Termasuk menurut Naji, karena menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 266 desa.

**Baca juga: Jembatan Roboh Diterjang Banjir Bandang di Lebak Awal Tahun 2020 Selesai Dibangun Bukaka

“Karena salah satu syarat pemilih kan harus mempunyai dokumen kependudukan (KTP). Tetapi signifikannya angka perekaman memang karena kebutuhan mencari kerja, karena di bulan Juni tahun lalu pun angkanya meningkat signifikan mencapai 7.700 perekaman,” papar Naji.

Berdasarkan data pembersihan bulan Desember tahun 2020, warga Lebak yang sudah wajib memiliki e-KTP sebanyak 997.378 jiwa dari jumlah penduduk 1.348.240 jiwa.(Nda)

Berita Terbaru