oleh

Perbanyak Konsumsi 4 Jenis Makanan & Minuman Agar Tidak Mudah Lelah

Kabar6-Setelah menjalani aktivitas sepanjang hari, Anda tentu akan menglami kelelahan. Rasa lelah muncul sebagai sinyal dari tubuh bahwa energi yang tersimpan dalam tubuh berkurang, dan menjadi tanda bagi Anda untuk beristirahat.

Namun, saat Anda menjadi sangat gampang kelelahan, bisa jadi itu isyarat bahwa sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Agar tidak mudah lelah, dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah makanan dna minuman yang sebaiknya dikonsumsi:

1. Makanan kaya serat
Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan serat dan bagus untuk menjaga kestabilan stamina Anda. Serat membantu menghalangi penyerapan zat gula alias karbohidrat ke dalam aliran darah, dan menjaga agar kadar gula dalam darah Anda tetap seimbang.

Kadar gula darah yang seimbang secara otomatis juga menyeimbangkan kadar energi di dalam tubuh sehingga mencegah Anda terkena energy crash.

2. Makanan kaya protein
Protein dapat membantu agar Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan, membantu mengatur keseimbangan gula darah dan energi. Anda bisa mendapatkan sumber protein dari dua sumber, yaitu dari sumber hewani seperti daging ikan, ikan, telur, dan keju. Anda juga bisa mendapatkan asupan protein dari tanaman seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan olahan tahu.

3. Makanan kaya magnesium
Ketika dilanda stres, tubuh Anda kehilangan sejumlah magnesium sehingga mengakibatkan kelelahan. Untuk mengembalikan stamina, pastikan bahwa menu diet Anda mengandung makanan kaya akan magnesium seperti sayuran hijau, alpukat, brokoli, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Magnesium memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan sistem saraf, sehingga konsumsi magnesium yang cukup dapat mencegah stres.

4. Rajin minum air
Konsumsi air yang sangat kurang bisa mengakibatkan tubuh terkena dehidrasi ringan, sehingga Anda mudah merasa lelah dan mengantuk. Namun minum kopi jelas bukan solusi yang menyehatkan karena justru memberikan efek diuretic, sehingga mengakibatkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan. Jadi cukupkan kebutuhan cairan dalam tubuh Anda. ** Baca juga: Hindari Pikun di Usia 40-an

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru