Penyelundupan Ribuan Burung Ilegal Digagalkan KSKP Merak

Ilustrasi burung bicara.(bbs)
Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan burung ilegal asal Pulau Sumatera ke sejumlah wilayah di Jakarta, melalui Pelabuhan Merak, Minggu (13/3/2016).

Ribuan burung tersebut, diamankan karena tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari Balai Karantina setempat.

Kepala KSKP Merak, AKP Nana Supriyatna mengungkapkan, penangkapan ribuan burung tersebut bermula dari laporan masyarakat yang menyebut adanya upaya menyelundupan burung melalui Pelabuhan Merak. **Baca juga: Dua Polres di Tangerang Juga Bakal Masuk ke Polda Banten.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti KSKP Merak dengan bergerak cepat menggelar operasi di area Dermaga Pelabuhan Merak. “Kita sergap di KMP Jatra I saat kapal sandar di Dermaga I,” ungkapnya tanpa merinci jenis burung yang akan diselundupkan tersebut. **Baca juga: Pemkot Tangerang Tertibkan 260 Bangunan Usaha di Lahan Negara.

Saat diperiksa, sopir bus tidak dapat menunjukkan dokumen resmi burung-burung tersebut. **Baca juga: Selasa, Satpol PP Tangerang Bongkar Bangunan Usaha di Lahan Negara.

“Kita akan tetap melakukan penjagaan dan pengawasan di Pelabuhan Merak, untuk mencegah adanya barang ilegal masuk ke Pulau Jawa,” kata Nana.(sus)